relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8319/ title: MALL, MASYARAKAT YOGYA DAN BUDAYA KONSUMSI creator: M. IMAM ZAMRONI , - subject: Aplikasia Jurnal description: kehadiran Shaping Mall sebagai representasi ekonomi kapitalis mampu mendorong terciptanya perubahan sosial, seperti merebaknya budaya konsumerisme, perubahan prilaku sosial, mode berpakaian dan gaya hidup. Terutama di kalangan usia muda, di mana budaya pop (pop culture) menjadi fraud yang berkiblat pada Barat. Di samping itu juga terdapat kemudahankemudahan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, baik material maupun non material. Faktor kebutuhan rekreatif mampu menjadi dasar bagi hasrat untuk berbelanja di Shaping Mall. Oleh karenanya, mengkonsumsi barang tidak hanya didasarkan pada logika kebutuhan semata, akan tetapi juga ranah emosi seseorang. Situasi tersebut secara sistematis menggeser nilai-nilai tradisi sebagai identitas dalam percaturan global. Berawal dari situlah maka, upaya untuk menumbuhkan kesadaran akan bahaya budaya konsumtif dalam masyarakat tidak bisa ditawar lagi. Selarna ini kita telah salah kaprah dalam memaknai modernitas yang berkiblat pada Barat, namun hanya sebatas simbol-simbol saja, sedangkan dari sisi subtantif masih jauh dari harapan. Akhirnya simbolisme-simbolisme tersebut menjadi belenggu bagi kehidupan sosial. date: 2007-06-01 type: Article type: PeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8319/1/M.%20IMAM%20ZAMRONI%20MALL%2C%20MASYARAKAT%20YOGYA%20DAN%20BUDAYA%20KONSUMSI.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8319/3/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8319/4/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8319/5/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8319/6/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8319/8/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8319/9/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8319/10/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8319/11/small.jpg identifier: M. IMAM ZAMRONI , - (2007) MALL, MASYARAKAT YOGYA DAN BUDAYA KONSUMSI. aplikasia vol. VIII, No.1, Juni 2007.