%A BAMBANG NURDIANSYAH - NIM. 02421461 %O #CONTRIBUTOR# %T PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTsN LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALI JAGA YOGYAKARTA (Tinjauan Psikologi Behavioristik) %X ABSTRAK Bambang Nurdiansyah, Pengajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Laboratorium Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. (Tinjauan Psikologi Behavioristik). 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pengajaran bahasa Arab di MTs LFT UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta serta menguraiakan unsur-unsur psikologi behavioristik yang telah diterapkan di dalam pengajaran Bahasa Arab di MTs LFT UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dan penelitian ini bertujuan untuk turut menyumbangkan ide untuk peneliti selanjutnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi MTsN Laboratorium Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sample dalam Penelitian ini adalah siswa periode 2007/2008, sebanyak 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Adapun analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif sebagai pendekatan utama dan kuantitatif sebagai pelengkap. Hasil penelitian ini menunjukan bahawa: Pertama, pelaksanaan pengajaran bahasa Arab di MTsN LFT UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terencana dan lebih banyak didominasi oleh peran guru, karena guru telah mempersiapkan tujuan-tujuan pembelajaran, materi, metode, media, dan penilaian. Di dalam menyampaikan materi guru menggunakan variasi metode dan media sesuai dengan materi yang akan disampaikan, langkah terakhir guru mengadakan penilaian bertujuan untuk mengetahui hasil belajar yang telah disampaikan. Kedua, bila dilihat dari pengajaran bahasa Arab di MTsN Laboratorium Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Psikologi behavioristik sangat mendominasi dan mempunyai pengaruh yang sangat besar. Terbukti dari metode, media dan penilaian yang disampaikan oleh guru semuanya hampir didominasi oleh teori-teori psikologi behavioristik. div %K Pembelajaran bahasa Arab %D 2008 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib841