%0 Thesis %9 Skripsi %A MEIRINA ARIF PURWATI NIM 02451016, %B /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ %D 2008 %F digilib:845 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Problem-Based Learning, Model, Kemampuan, Memecahkan,Persoalan, Pencemaran, MAN Yogyakarta III %T PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN PERSOALAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA III TAHUN AJARAN 2006/2007 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/845/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan memecahkan persoalan, mengetahui peningkatan penguasaan konsep serta mengetahui tanggapan siswa kelas X-D MAN Yogyakarta 3 setelah melalui pembelajaran dengan menggunakan model Problem-Based Learning. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan proses pengkajian berdaur, terdiri dari: perencanaan, tindakan dan observasi serta refleksi pada setiap siklusnya. Penelitian ini difokuskan pada sub materi pencemaran udara dan pencemaran air. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, tes dan angket. Data yang diperoleh dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan persentase. Hasil penelitian pada siklus I dan II menunjukkan: 1. Berdasarkan hasil pekerjaan pada lembar LKS kemampuan memecahkan persoalan siswa kelas X-D MAN Yogyakarta 3 mengalami peningkatan sebesar 22,387%. Sedangkan berdasarkan hasil observasi pembelajaran yang dilakukan oleh para observer, kemampuan memecahkan persolan siswa mengalami peningkatan sebesar 20%. 2. Berdasarkan nilai effect size pembelajaran kemampuan siswa dalam menguasai konsep pencemaran lingkungan mengalami peningkatan sebesar 0,374%. Sedang berdasarkan nilai SKBM mata pelajaran Biologi peningkatan kemampuan siswa dalam menguasai konsep ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang telah mencapai kriteria belajar tuntas setelah melalui pembelajaran dengan menggunakan model Problem-Based Learning dengan peningkatan sebesar 20,83% 3. Sebanyak lebih dari 90% siswa kelas X-D memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran Biologi dengan menggunakan model Problem-Based Learning. i Kata kunci: Problem-Based Learning, Model, Kemampuan, Memecahkan,Persoalan, Pencemaran, MAN Yogyakarta III. /i %Z Pembimbing : Drs. Suhardi, M.Pd.