eprintid: 8450 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/84/50 datestamp: 2013-07-01 11:16:35 lastmod: 2015-10-30 03:25:16 status_changed: 2013-07-01 11:16:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ANISA SALSABILA , NIM. 09220006 title: TEKNIK BIMBINGAN BELAJAR BAGI SISWA TUNANETRA DI SEKOLAH INKLUSI MADRASAH ALIYAH NEGERI MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN D.I YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: BA divisions: jur_bpi full_text_status: restricted abstract: Anisa Salsabila, Teknik Bimbingan Belajar Bagi Siswa Tunanetra Di Sekolah Inklusi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Maguwoharjo Depok Sleman D.I Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Latar belakang penelitian ini membahas tentang pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus yang sudah mengikuti sistem pendidikan sekolah umum disebut dengan sekolah inklusi. Dimana anak difabel memiliki hak yang sama dalam menempuh jenjang pendidikan bersama anak normal lainya. Namun dalam pelaksanaanya tentu saja tidak mudah, karena sekolah harus menyediakan fasilitas dan tenaga ahli yang menjangkau anak difabel khusunya pada saat kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk teknik bimbingan belajar yang diterapkan oleh pembimbing fokus pada siswa tunanetra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa tunanetra kelas XI, wali kelas dan guru pendamping khusus yang membantu dalam bimbingan belajar. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dimana data yang terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga menggambarkan jawaban dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk teknik bimbingan belajar Bagi siswa tunanetra di sekolah inklusi Madrasah Aliyah Negeri Maguwoharjo Depok Sleman D.I Yogyakarta menggunakan teknik ceramah, penugasan, tanya jawab, simulasi, diskusi, kerja kelompok, dan karya wisata dibimbing oleh guru mata pelajaran atau wali kelas. Selain itu kegiatan bimbingan belajar siswa tunanetra juga di dampingi oleh guru pendamping khusus yang bertugas sebagai penterjemah huruf braille dan sebagai perantara dari siswa kepada guru mata pelajaran atau wali kelas ketika mengalami kesulitan. Keywords : Bimbingan belajar, siswa tunanetra date: 2013-06-10 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ANISA SALSABILA , NIM. 09220006 (2013) TEKNIK BIMBINGAN BELAJAR BAGI SISWA TUNANETRA DI SEKOLAH INKLUSI MADRASAH ALIYAH NEGERI MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN D.I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8450/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8450/2/BAB%20II%2C%20III.pdf