TY - THES ID - digilib8453 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8453/ A1 - FITRI KURNIA SARI Y.I, NIM. 09210152 Y1 - 2013/05/29/ N2 - Industri kreatif seperti televisi, sangat dipengaruhi oleh sumber daya manusia yang juga kreatif. Di dunia pertelevisian, suatu program acara televisi merupakan tanggungjawab seorang produser yang diharapkan dapat menghasilkan program acara berkualitas. Untuk itu diperlukanlah kreativitas produser demi mencapai tujuan dari produksi suatu acara yang berkualitas. Dengan kreativitas, produser dapat merumuskan rencana tindakan dan skema rinci untuk mencapai suatu tujuan dengan kemampuan menemukan pendekatan atau terobosan baru. Di sisi lain, masyarakat Indonesia yang mayoritas menganut agama Islam juga memiliki kebutuhan informasi dan pendidikan agama lewat media televisi. Atas dasar itulah, peneliti tertarik untuk meneliti tentang kreativitas poduser program Lensa Haji di ADiTV Yogyakarta yang memiliki program-program keagamaan. ADiTV sebagai televisi yang menyiarkan program dengan jiwa, nafas, dan nuansa Islam dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terhapdap informasi keagamaan. Dalam penelitian ini, peneliti mengacu pada teori stategi program dari Morrisan yang mencakup pada strategi perencanaan program, strategi produksi atau pembelian program, strategi eksekusi program, dan strategi evaluasi program. Selain itu, acuan dasar acara televsi serta tugas dan tanggungjawab produser dari Darwanto juga menjadi acuan peneliti. Dari penelitian ini diketahui bahwa kreativitas produser dirasa mampu meningkatkan kualitas program yang dapat diukur melalui ide, kematangan perencanaan, eksekusi program yang baik, dan inovasi yang dilakukan produser. Oleh karena itu, diperlukan kreativitas seorang produser yang bekejasama dengan tim produksi untuk dapat menghasilkan suatu tayangan berkualitas. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - KREATIVITAS PRODUSER DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROGRAM LENSA HAJI DI ADiTV YOGYAKARTA AV - restricted ER -