TY - THES ID - digilib8478 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8478/ A1 - K U R N I A, NIM. 08220058 Y1 - 2013/02/28/ N2 - Bimbingan pribadi-sosial siswa merupakan suatu bimbingan dalam menghadapi dan memecahkan masalah pribadi-sosial, contohnya: penyesuaian diri, menghadapi konflik, dengan adanya metode layanan bimbingan konseling terhadap masalah pribadi sosial siswa tersebut diharapkan dapat mempermudah guru BK dalam menyelesaiakan masalah pribadi sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode layanan bimbingan konseling terhadap masalah pribadi sosial siswa yaitu penyesuaian diri, menghadapi konflik dan pergaulan bagi siswa-siswi yang duduk di kelas VII dan VIII MTsN I Yogyakarta pada tahun ajaran 2012/2013. Subjek dari penelitian ini adalah guru bimbingan konseling dan siswa sedangkan yang menjadi objek ialah bagaimana metode layanan bimbingan konseling terhadap masalah pribadi sosial siswa di MTsN I Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah metode yang di gunakan guru BK dalam menangani masalah penyesuaian diri meliputi: metode pengamatan siswa, metode panggilan siswa, metode ceramah, metode kunjungan rumah dan metode pemantauan siswa. Metode yang di gunakan guru BK dalam menangani masalah menghadapi konflik meliputi: metode panggilan siswa, metode kunjungan siswa dan metode panggilan orang tua. Metode yang di gunakan guru BK dalam menangani masalah pergaulan meliputi: metode ceramah yang terdiri dari metode ceramah secara klasikal dan metode ceramah secara perseorangan. Kata kunci: Metode Layanan Bimbingan Konseling dan Masalah Pribadi Sosial Siswa PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - METODE LAYANAN BIMBINGAN KONSELING TERHADAP MASALAH PRIBADI SOSIAL SISWA DI MTsN I YOGYAKARTA AV - restricted ER -