@phdthesis{digilib850, month = {June}, title = {PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DI DALAM PEMBELAJARAN QIRO'AH (EKSPERIMEN DI MTsN NGEMPLAK YOGYAKARTA)}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { ZAKI GHUFRON - NIM. 01420653}, year = {2008}, note = {Pembimbing : Drs. Nazri Syakur, M.A.}, keywords = {Media komik, pembelajaran qiro'ah}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/850/}, abstract = { ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara motivasi belajar dan kemampuan belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment dengan menggunakan media komik. Diasumsikan bahwa ada perbedaan yang signifikan, sebagaimana dirumuskan dalam hipotesa bahwa ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar bahasa Arab siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment dengan menggunakan media komik, dan ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar materi qiro'ah siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment dengan menggunakan media komik. Sampel yang diambil berjumlah 79 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode eksperimen, observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Dari hasil uji coba angket yang meliputi uji validitas dan reliabilitas, maka dari 45 item pertanyaan, semuanya dinyatakan valid. Dilihat dari indeks keandalan sebesar 0,9193, maka instrumen tersebut dinyatakan reliabel. Adapun distribusi kedua variabel ditemukan normal, dan populasinya mempunyai varian yang homogen. Hasil penghitungan dengan menggunakan bantuan program SPSS 11 for Windows, diperoleh t sebesar 13,726. Angka ini jauh lebih besar daripada t tabel pada taraf signifikansi 5\% yaitu 2,02 dan taraf signifikansi 1\% yaitu 2,71 (2,02 13,726 2,71). Untuk hasil penghitungan dari hasil belajar materi qiro'ah siswa kelas eksperimen, diperoleh t sebesar 6,168. Angka ini jauh lebih besar daripada t tabel pada taraf signifikansi 5\% dan 1\% (2,02 6,168 2,71). Ini berartti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar materi qiro'ah siswa sebelum dan sesudah dilakukan treatment pada kelas eksperimen. Dan untuk hasil penghitungan dari hasil belajar materi qiroah siswa yang menggunakan media komik dan siswa yang tidak menggunakan media komik, diperoleh t sebesar 6,177. Angka ini juga jauh lebih besar dari harga t tabel baik pada taraf signifikansi 5\% maupun pada taraf signifikansi 1\% (1,99 6,177 2,64). Ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar materi qiro'ah siswa yang menggunakan media komik (kelas eksperimen) dan siswa yang tidak menggunakan media komik (kelas kontrol) Kesimpulannya adalah : 1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar bahasa Arab siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment, yaitu dengan harga t sebesar 13,726, dimana harga tersebut lebih besar dari harga t tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar materi qiro'ah siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment, yaitu dengan harga t sebesar 6,168, dimana harga tersebut lebih besar dari harga t tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar materi qiro'ah siswa yang menggunakan media komik dan hasil belajar materi qiro'ah siswa yang tidak menggunakan media komik, yaitu dengan harga t sebesar 6,177, dimana harga tersebut lebih besar dari harga t tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. } }