@phdthesis{digilib8513, month = {June}, title = {PENGEMBANGAN BUKU KUMPULAN PERMAINAN EDUKATIF UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09670009 HARDIKA MUHAMMAD ARIF}, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8513/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik proses dan produk pengembangan buku kumpulan permainan edukatif untuk SMA/MA kelas XI semester 1. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas buku kumpulan permainan edukatif untuk SMA/MA kelas XI semester 1. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R\&D) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation) yang dibatasi sampai tahap development (pengembangan). Tahap analisis dilakukan melalui analisis kebutuhan (wawancara). Tahap perancangan meliputi pengumpulan materi dan perancangan buku. Tahap pengembangan meliputi pembuatan buku, pengonsultasian buku kepada dosen pembimbing, para ahli (ahli materi dan ahli media), serta 3 orang peer reviewer. Buku kumpulan permainan edukatif dinilai kualitasnya oleh reviewer (5 pendidik kimia SMA/MA baik negeri maupun swasta di Yogyakarta) dan direspon oleh 10 peserta didik SMA/MA kelas XI IPA (5 peserta didik MA Muhammadiyah Mu?alimin Yogyakarta dan 5 peserta didik SMAN 10 Yogyakarta). Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar skala penilaian yang berisi 12 aspek dan 23 kriteria penilaian dan lembar angket respon untuk memperoleh data respon peserta didik. Hasil penilaian ini berupa data kuantitatif (berupa nilai kategori) kemudian dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku kumpulan permainan edukatif. Produk akhir buku kumpulan permainan edukatif untuk kelas XI semester 1 memperoleh presentase keidealan sebesar 88,5\% atau dengan kualitas Sangat Baik (SB), serta mendapat respon positif dari peserta didik sebesar 92\%. Dengan demikian, buku kumpulan permainan edukatif layak digunakan pendidik dalam mengelola proses pembelajaran, serta layak digunakan peserta didik sebagai sumber belajar mandiri. Kata Kunci: Penelitian pengembangan, Permainan edukatif, Buku permainan edukatif} }