%A SUCI CAHYANINGSIH, NIM 03460536 %O Pembimbing : Warsono, M.Si. %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DENGAN i STARTER EXPERIMENT APPROACH (SEA) /i SUB MATERI POKOK MASSA JENIS SISWA KELAS VII MTS NEGERI YOGYAKARTA II %X ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui apakah proses pembelajaran fisika dengan pendekatan starter eksperimen dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas VIIE MTs Negeri Yogyakarta pada sub materi pokok massa jenis. (2) Mengetahui apakah pendekatan starter eksperimen dapat meningkatkan prestasi siswa kelas VIIE MTs Negeri Yogyakarta II. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach) yang dilaksanakan di MTs Negeri Yogyakarta II. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIE semester I tahun ajaran 2007/2008 dengan jumlah siswa 36 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus I sub materi pokok massa jenis zat padat dan siklus II sub materi pokok massa jenis zat cair. Data prestasi (kognitif) siswa diperoleh dari hasil soal pretest dan posttest. Data keaktifan siswa saat pembelajaran diperoleh melalui observasi pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Data kemampuan kognitif siswa dianalisis secara deskriptif dengan cara mencari gain (selisih rerata pretest dan posttest). Perbedaan yang signifikan adalah apabila nilai rerata posttest lebih besar dari nilai rerata pretest. Data keaktifan siswa dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terjadi peningkatan persentase keaktifan siswa saat kegiatan pembelajaran pada setiap siklus, yang meliputi aktivitas dalam melakukan percobaan awal mengalami peningkatan sebesar 10,5%, melakukan pengamatan mengalami peningkatan sebesar 13,3%, merumuskan masalah mengalami peningkatan sebesar 21,5%, membuat dugaan sementara mengalami peningkatan sebesar 18,6%, melakukan percobaan pengujian mengalami peningkatan sebesar 10,4%, penyusunan konsep mengalami peningkatan sebesar 16,1%, dan aktivitas siswa dalam mencatat pelajaran mengalami peningkatan sebesar 8,5%. (2) Terjadi peningkatan prestasi siswa (aspek kognitif) setelah tindakan dilakukan. Pada siklus I, gain yang diperoleh sebesar 1,46 meningkat menjadi 1,84 pada siklus II. i Kata Kunci: Prestasi, Aktivitas, Pendekatan Starter Experiment. /i %K Prestasi, Aktivitas, Pendekatan Starter Experiment. %D 2008 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib854