eprintid: 857 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/08/57 datestamp: 2012-05-05 19:46:25 lastmod: 2016-12-13 02:10:46 status_changed: 2012-05-04 16:40:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: TISNGATUN NUROCHMAH, NIM 02451165, title: PENGARUH PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA (STUDI KASUS PADA SISWA SMP N 2 TEMON KULON PROGO KELAS VIII SEMESTER I TAHUN AJARAN 2007/2008) ispublished: pub subjects: BB divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Inkuiri, Proses, Sains, Pembelajaran, IPA, dan Pencernaan. note: Pembimbing : Drs. Sudjoko, M.S. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membuktikan tingkat kemampuan proses sains pada kemampuan observasi, klasifikasi, merumuskan masalah, identifikasi variabel, dan mengendalikan variabel melalui pendekatan inkuiri dalam proses pembelajaran pada materi pokok Sistem Pencernaan pada Manusia siswa kelas VIII SMP N 2 Temon Kulon Progo; (2) membuktikan tingkat penguasaan konsep biologi melalui pendekatan inkuiri dalam proses pembelajaran pada materi pokok Sistem Pencernaan pada Manusia siswa kelas VIII SMP N 2 Temon Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Temon Kulon Progo. Sampel yang dijadikan objek penelitian adalah kelas VIII A sebagai kelas perlakuan dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan teknik non random sampling. Adapun instrumen penelitian berupa lembar soal tes hasil belajar sains dan lembar observasi kemampuan keterampilan proses sains. Pengambilan data dengan metode tes dan observasi. Analisis yang digunakan adalah deskriptif dan dengan uji t. uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan dengan sangat signifikan kemampuan proses sains siswa dan penguasaan konsep pada materi pokok sistem pencernaan pada manusia di SMP N 2 Temon Kulon Progo, hal ini dibuktikan dengan uji t yang diperoleh hasil t hitung 3,732 2,000 (p 0,01). i Kata kunci : Inkuiri, Proses, Sains, Pembelajaran, IPA, dan Pencernaan. /i date: 2008-06-17 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: 1 update terakhir : 2008-06-17 16:51:59 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--tisngatunn-189-1-tisngatu-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/4/digilib-uinsuka--tisngatunn-189-1-tisngatu-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=274 ; nama file lama : TISNGATUN NUROCHMAH 02451165 PENGARUH PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1847548 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: TISNGATUN NUROCHMAH, NIM 02451165, (2008) PENGARUH PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA (STUDI KASUS PADA SISWA SMP N 2 TEMON KULON PROGO KELAS VIII SEMESTER I TAHUN AJARAN 2007/2008). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/857/1/BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DP.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/857/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III%2C%20BAB%20IV.pdf