@phdthesis{digilib8579, month = {June}, title = {PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS EDUTAINMENT PADA MATERI POKOK THAHARAH KELAS VII SEMESTER I SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA }, author = {NIM. 08410120 NURJANAH WIJAYANTI}, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8579/}, abstract = {Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Edutainment pada Materi Pokok Thaharah Kelas VII Semester I Siswa SMP Muhammadiyah IDepok, Sleman, Yogyakarta. Slcripsi. Yogyakarta.: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian pengembangan ini adalah bahwa proses pembelajapn selc- Png ini suic4h banyak beriii;rh AQri yang k-,,nvi-nsic,nal ke moAem yang lebih efektif, efisien dan menyenangkan. Proses pembelajaran sekarang ini tidak lagi terfokus pada sosok figur sang guru (pendidik). Guru (pendidik) dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam meningkatkan mutu pembelajaran dikelas. SMP M-hammadiyah rlepok adalah salah s(tu lembaga pendidikan swasta yang sudah menerapkan teknologi pendidikan, akan tetapi dalam proses pembelajarannya masih banyak guru PAT yang masih menggunakan metode konvensional yang terpaku pada buku dan ceramah. Selain itu media pembelajaran yang ada cenderung monoton dan kurang variatif, sehingga kurang menarik minat belajar siswa. Ban-y-ak siswa yang lebih tertarik bermain plastations, game online, facebook, ataupun menonton TV daripada mempelajari pelajaran PAL Hal tersebut sangat memprihatinkan karena permainana plastations, game online, facebook, serta tayangan TV kebanyakan kurang mengandung unsur education bagi siswa. Oleh karena itu perlu dikembangkan multimedia interaktif berbasis edutainment, yang tidak hanya mengandung unsur hiburan tetapi juga dilengkapi unsur pendidikan, serta menguji keefektifan multimedia interaktif berbasis edutainment pada materi pokok thaharah kelas VII semester I. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan multimedia interaktif berbasis edutainment pada materi pokok thaharah kelas VII semester I untuk memberikan sarana belajar sisvva -y-ang efektif dan rnenyenangkan 2) mengetahui kualitas multimedia interalctif berbasis edutainment pada materi pokok thaharah berdasarkan penilaian 5 guru Pendidikan Agama Islam SMP/Mts, 3) mengetahui tingkat minat belajar siswa melalui penggunaan multimedia interaktif berbasis edutainment pada materi pokok thaharah. Penelitian ini merupaka.n jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Implementasi dilakukan di SMP Muhammadiyah I Depok yaitu siswa kelas VIIC. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif Hasil penelitian pengembangan ini adalah disusunnya multimedia interaktif berbasis edutainment pada materi pokok thaharah siswa kelas VII semester I yang dikemas dalam bentuk CD (Compack Disk) menggunakan software Shoting SWF Easy 6 dan Macromedia Director. Multimedia interaktif berbasis edutainment ini berdasarkan penilaian 5 guru PAI SMP memperoleh kategori kualitas Sangat Baik} }