@phdthesis{digilib858, month = {June}, title = {PENERAPAN PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS VII SEMESTER II SMP N 2 BAMBANGLIPURO BANTUL Tahun 2006/2007}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { YUNUS ROHADI, NIM 02461324}, year = {2008}, note = {Pembimbing : Drs. Murtono, M. Si.}, keywords = {Accelerated Learning, Proses dan hasil belajar fisika.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/858/}, abstract = { ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana proses belajar siswa saat pembelajaran menggunakan accelerated learning berlangsung, 2) mengetahui penerapan accelerated learning terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan kalor di kelas VII SMP N 2 Bambanglipuro Bantul, 3) mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang diberi perlakuan pendekatan accelerated learning dan mengendalikan kovariabel NEM IPA SD dengan siswa yang tidak diberi perlakuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yaitu suatu analisa data yang berbentuk angka. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII semester II SMP N 2 Bambanglipuro tahun 2006/2007 dengan jumlah 160 siswa. Pengambilan sampel dengan model purpose random sampling. Pengambilan data dengan metode tes dan observasi. Instrumen terlebih dahulu divalidasi untuk mengetahui kesahihan dan kehandalan dalam mengukur sesuatu yang hendak diukur. Analisis yang digunakan adalah deskriptif dan inferensial yaitu dengan menggunakan uji anakova. Uji prasyarat menggunakan, (1) uji normalitas diperoleh hasil bahwa berdistribusi normal, (2) uji homogenitas diperoleh hasil bahwa sampel homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal, yaitu:1) peningkatan aktivitas dan partisipasi siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan strategi accelerated learning mendorong siswa untuk belajar ilmiah, kerjasama, tanggungjawab dengan menggunakan diskusi yang menyenangkan, (2) penerapan pendekatan accelerated learning pada materi kalor lebih signifikan dibanding pembelajaran konvensional. Rara-rata selisih nilai postest kelompok eksperimen lebih besar dibanding kelompok control yaitu 1,80 1,25. Sehingga terbukti peningkatan prestasi belajar fisika siswa, (3) perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang signifikan yang diberi perlakuan pendekatan accelerated learning dengan mengendalikan kovariabel NEM IPA SD dengan siswa yang tidak diberi perlakuan. Hasil penelitian diperoleh F =7,575. Sedangkan F = 7,01 dan F = 3,98 dengan db pembilang 1 dan db penyebut 77. Dari konsultasi tersebut didapat F F tabel . sementara sumbangan untuk kovariebel NEM IPA SD sebesar 26,5\%. hit t ,1\% t ,5\% hit. i Kata kunci: Accelerated Learning, Proses dan hasil belajar fisika. /i } }