eprintid: 859 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/08/59 datestamp: 2012-05-05 16:59:37 lastmod: 2016-12-07 03:59:29 status_changed: 2012-05-04 16:40:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LILIK SETIONO, NIM. 03460497, title: RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN TERINTEGRASI BERBASIS KOMPUTER PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS ispublished: pub subjects: F divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Media Pembelajaran, Listrik Dinamis. note: Pembimbing : Agus Mulyanto, S.Si., M.Kom abstract: Sekolah yang bermutu adalah sekolah yang dapat menghasilkan lulusan yang mampu berkompetisi pada berbagai tataran baik daerah, regional, nasional, dan global. Untuk memudahkan pembelajaran diperlukan alat bantu yang mampu menterjemahkan sesuatu yang abstrak menjadi konkrit. Alat bantu tersebut dikenal dengan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan pada prestasi belajar siswa antara penggunaan media pembelajaran berbasis computer dengan pembelajaran secara konvensional, mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan media computer dalam pembelajaran, dan mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Wonokromo Bantul kelas X pada tahun pelajaran 2006/2007 pokok bahasan listrik dinamis. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R amp;D) dan menggunakan desain penelitian 4D: Define, Design, Develop, and Distiminate. Pengujian media pembelajaran menggunakan desain penelitian Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan data dalam penelitian ini melalui nilai awal, nilai akhir, angket tanggapan siswa, angket tanggapan teman sejawat, dan angket tanggapan ahli. Hasil perhitungan uji hipotesis pertama didapatkan nilai Thitung 22,513 lebih besar dari Ttabel 2,056 dengan mean nilai pretest kelas eksperimen 53,7037 dan mean nilai posttest kelas eksperimen 76,3333. Pada perhitungan uji kedua nilai Thitung 2,214 lebih besar dari Ttabel 2,021. Hasil uji t tersebut berarti bahwa ada perbedaan yang nyata dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran berbasis computer dengan metode konvensional. Nilai R Square adalah 0,893 sehingga sumbangan media pembelajaran terhadap peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 89,3%. Kriteria kelayakan media pembelajaran dilihat dari persentase tanggapan. Tanggapan siswa sebesar 51% setuju, tanggapan teman sejawat sebesar 63,7% setuju, dan tanggapan ahli sebesar 61% setuju sehingga media dalam kriteria layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran memberikan manfaat terhadap hasil belajar pelajaran fisika. Dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa. i Kata Kunci : Media Pembelajaran, Listrik Dinamis. /i date: 2008-06-18 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2008-06-18 10:54:36 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--liliksetio-196-1-lilikse-s.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/4/digilib-uinsuka--liliksetio-196-1-lilikse-s.pdf ; url download server lama : /download.php?id=281 ; nama file lama : LILIK SETIONO, NIM. 03460497 RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN TERINTEGRASI BERBASIS KOMPUTER PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2716126 Kb. penulis : i Skripsi ini disertai CD Pembelajaran (live), Untuk mengakses CD tersebut silahkah menghubungi Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (R. Multimedia). /i ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: LILIK SETIONO, NIM. 03460497, (2008) RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN TERINTEGRASI BERBASIS KOMPUTER PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/859/1/BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DP.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/859/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III%2C%20BAB%20IV.pdf