%A - RUSPITA RANI PERTIWI, S.PSI, MM %J Jurnal Manajemen Dakwah Vol I No 1 Juli-Des 2008 %T MANAJEMEN DAKWAH BERBASIS MASJID %X Membaca fungsi dan peran masjid secara ideal sebagai pusat kegiatan dakwah seperti telah dituntunkan Al-Qur'an dan ditauladankan Rasulullah SAW (1); Keprihatinan bahwa potensi masjid baik dalam segi kuantitas (jumlah dan kedekatan secara fisik dengan masyarakat) maupun kualitas (terdapatnya tokoh kharismatik, terdapat personil yang perduli kepada agama dan umatnya, tempat berkumpul berbagai elemen masyarakat) belum teraktualkan secara optimal sebagai pusat pengembangan dakwah (2), tuHsan ini mengkaji tema mengembalikan fungsi masjid sebagai basis manajemen dakwah. Aktualisasinya melalui tiga level perbaikan dan pengembangan manajemen masjid dalam level mikro (penataan manajemen tiap masjid), level messo (bagaimana mendesain kegiatan masjid yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitarnya), dan level makro (bagaimana membuat networking atau kerjasama antar masjid). %D 2008 %K dakwah, manajemen %L digilib8594