TY - THES ID - digilib8609 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8609/ A1 - ULFA ZUHROTUNNISA, NIM. 09410033 Y1 - 2013/04/29/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi pada SMP Muhammadiyah Pakem, Sleman, Yogyakarta yang sebagian besar siswanya mempunyai background dari kalangan menengah ke bawah. Keadaan siswa yang demikian banyak sedikitnya dapat mempengaruhi kualitas siswa itu sendiri termasuk dalam pembentukan karakter. Pembentukan karakter pada siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama ini sangat diperlukan mengingat keadaan emosial dan mental siswa yang masih labil. Pembentukan karakter siswa ini juga dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Pakem, salah satunya melalui penanaman nilai-nilai karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah. Permasalahan yang menjadi sorot utama penelitian ini antara lain, Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter, Bagaimana proses internalisasi pendidikan karakter, dan Apa faktor pelaksanaan pendidikan karakter dalam ekstrakurikuler Tapak Suci di SMP Muhammadiyah Pakem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dan proses internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter serta mendeskripsikan faktor yang menjadi penghambat penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam ekstrakurikuler Tapak Suci di SMP Muhammadiyah Pakem. Hasil penelitian diharapkan dapat dipergunakan untuk mengoptimalkan pelaksanaan kagiatan ekstrakurikuler Tapak Suci di SMP Muhammadiyah Pakem, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan latar SMP Muhmmadiyah Pakem, Sleman, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi pasif, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, yaitu triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci di SMP Muhammadiyah Pakem antara lain nilai kedisiplinan, religius, keberanian, cinta tanah air, kreatif, komunikatif, menghargai prestasi, dan peduli sosial. Nilai-nilai karakter tersebut dapat terlihat dari sikap siswa baik selama kegiatan latihan berlangsung, maupun di luar kegiatan latihan. (2) Proses internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci di SMP Muhammadiyah Pakem dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan seperti datang tepat waktu, disiplin peraturan dan ibadah, kelompok tugas, menggunakan seragam latihan dan bahasa resmi ketika latihan, pemberian penghargaan bagi siswa yang menang, dan pengadaan bakti sosial (3) Faktor yang menjadi penghambat pelaksanaan ekstrakurikuler Tapak Suci di SMP Muhammadiyah Pakem diantaranya dari pihak keterbatasan waktu, tempat latihan yang kurang laus, keterbatasan dana, kurangnya sarana dan prasarana, orang tua yang menanjakan anak, dan materi yang tidak seimbang. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah Pakem, Sleman, Yogyakarta) AV - restricted ER -