<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STRUKTUR MATERI QOWAID DALAM BUKU AJAR \r\n “AYO MEMAHAMI BAHASA ARAB” KARYA A. SYAEKHUDDIN\r\nDAN HASAN SAEFULLAH UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH \r\n(Analisis Berdasarkan Perspektif Al-Nahwu Al-Wadih)\r\n"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur dan interkoneksitaskontinuitas\r\n\r\nmateri qowaid dalam buku ajar “Ayo Memahami Bahasa Arab”\r\nberdasarkan perspektif Al-Nahwu Al- Wadih yang merupakan buku khusus\r\npembelajaran qowaid bagi para pemula. \r\n\r\nPenelitian ini merupakan Penelitian kepustakaan yaitu penelitian yang \r\ndilakukan dengan cara membaca buku-buku atau majalah dan sumber data lainnya\r\natau literatur dalam perpustakaan maupun dari tempat-tempat lainnya. Dalam\r\npenelitian ini sumber data primer yang digunakan adalah: Buku Ajar “Ayo\r\nMemahami Bahasa Arab“ karya A. Syaekhuddih dan Hasan Saefullah untuk\r\nMadrasah Tsanawiyah Jilid I, II, dan III serta Kitab Al-Nahwu Al-Wadih. Dan\r\nsumber data sekunder yang digunakan adalah buku-buku atau dokumen lain yang\r\nberkaitan dengan pembahasan ini. \r\n\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistematika pengurutan materi \r\nqowaid dalam buku ajar bahasa Arab jilid I, II dan III tidak sesuai dengan\r\nsistematika pengurutan materi dalam Al-Nahwu Al-Wadih. Berdasarkan prinsip\r\npengurutan materi, buku ajar bahasa Arab jilid I dan III menggunakan prinsip\r\npengurutan materi dari yang sederhana ke komplek dan buku ajar bahasa Arab\r\njilid II mengunakan prinsip pengelompokan materi yang bersifat berlawanan dan\r\npenyajian materi yang bersifat prasyarat bagi materi selanjutnya. Sedangkan\r\ndalam Al-Nahwu Al-Wadih ketiga prinsip tersebut digunakan dalam pengurutan\r\nmateri-materi qowaidnya. Al-Nahwu Al-Wadih dan buku ajar bahasa Arab samasama\r\n\r\nmenggunakan model induktif dalam teknik penyajian materinya, meskipun\r\nterdapat perbedaan dalam bentuk contoh, pembahasan dan kesimpulan. Dari 8\r\nbentuk latihan dalam Al-Nahwu Al-Wadih, kesesuaian bentuk latihan yang\r\ndigunakan di dalam buku ajar bahasa Arab adalah bentuk latihan mengisi dan\r\nmelengkapi, mengubah bentuk, membuat kalimat dan mengarang. Selain itu,\r\nlatihan umum dalam Al-Nahwu Al-Wadih disajikan pada bagian terakhir juz III,\r\nsedangkan dalam buku ajar bahasa Arab latihan umum disajikan per-semester.\r\nInterkoneksitas dan kontinuitas materi qowaid dalam Al-Nahwu Al-Wadih dapat\r\ndianalisa berdasarkan prinsip pengurutan materi dan teknik penyajian materi yang\r\ndigunakan yaitu dari sederhana ke yang kompleks dan penyajian materi yang\r\nmerupakan prasyarat untuk materi selanjutnya. Sedangkan secara keseluruhan\r\nantara jilid I, II dan III dalam buku ajar bahasa Arab, tidak menggunakan prinsip\r\npengurutan dan teknik penyajian materi sebagaimana terdapat dalam Al-Nahwu\r\nAl-Wadih. Dengan demikian materi qowaid dalam buku ajar bahasa Arab tidak\r\nbersifat interkonektif dan kontinues."^^ . "2013-06-13" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09420176"^^ . "YULFIANA ROHMATIN"^^ . "NIM. 09420176 YULFIANA ROHMATIN"^^ . . . . . . "STRUKTUR MATERI QOWAID DALAM BUKU AJAR \r\n “AYO MEMAHAMI BAHASA ARAB” KARYA A. SYAEKHUDDIN\r\nDAN HASAN SAEFULLAH UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH \r\n(Analisis Berdasarkan Perspektif Al-Nahwu Al-Wadih)\r\n (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "STRUKTUR MATERI QOWAID DALAM BUKU AJAR \r\n “AYO MEMAHAMI BAHASA ARAB” KARYA A. SYAEKHUDDIN\r\nDAN HASAN SAEFULLAH UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH \r\n(Analisis Berdasarkan Perspektif Al-Nahwu Al-Wadih)\r\n (Text)"^^ . . . . . "STRUKTUR MATERI QOWAID DALAM BUKU AJAR \r\n “AYO MEMAHAMI BAHASA ARAB” KARYA A. SYAEKHUDDIN\r\nDAN HASAN SAEFULLAH UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH \r\n(Analisis Berdasarkan Perspektif Al-Nahwu Al-Wadih)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STRUKTUR MATERI QOWAID DALAM BUKU AJAR \r\n “AYO MEMAHAMI BAHASA ARAB” KARYA A. SYAEKHUDDIN\r\nDAN HASAN SAEFULLAH UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH \r\n(Analisis Berdasarkan Perspektif Al-Nahwu Al-Wadih)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STRUKTUR MATERI QOWAID DALAM BUKU AJAR \r\n “AYO MEMAHAMI BAHASA ARAB” KARYA A. SYAEKHUDDIN\r\nDAN HASAN SAEFULLAH UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH \r\n(Analisis Berdasarkan Perspektif Al-Nahwu Al-Wadih)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STRUKTUR MATERI QOWAID DALAM BUKU AJAR \r\n “AYO MEMAHAMI BAHASA ARAB” KARYA A. SYAEKHUDDIN\r\nDAN HASAN SAEFULLAH UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH \r\n(Analisis Berdasarkan Perspektif Al-Nahwu Al-Wadih)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "STRUKTUR MATERI QOWAID DALAM BUKU AJAR \r\n “AYO MEMAHAMI BAHASA ARAB” KARYA A. SYAEKHUDDIN\r\nDAN HASAN SAEFULLAH UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH \r\n(Analisis Berdasarkan Perspektif Al-Nahwu Al-Wadih)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "STRUKTUR MATERI QOWAID DALAM BUKU AJAR \r\n “AYO MEMAHAMI BAHASA ARAB” KARYA A. SYAEKHUDDIN\r\nDAN HASAN SAEFULLAH UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH \r\n(Analisis Berdasarkan Perspektif Al-Nahwu Al-Wadih)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "STRUKTUR MATERI QOWAID DALAM BUKU AJAR \r\n “AYO MEMAHAMI BAHASA ARAB” KARYA A. SYAEKHUDDIN\r\nDAN HASAN SAEFULLAH UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH \r\n(Analisis Berdasarkan Perspektif Al-Nahwu Al-Wadih)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "STRUKTUR MATERI QOWAID DALAM BUKU AJAR \r\n “AYO MEMAHAMI BAHASA ARAB” KARYA A. SYAEKHUDDIN\r\nDAN HASAN SAEFULLAH UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH \r\n(Analisis Berdasarkan Perspektif Al-Nahwu Al-Wadih)\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #8611 \n\nSTRUKTUR MATERI QOWAID DALAM BUKU AJAR \n “AYO MEMAHAMI BAHASA ARAB” KARYA A. SYAEKHUDDIN \nDAN HASAN SAEFULLAH UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH \n(Analisis Berdasarkan Perspektif Al-Nahwu Al-Wadih) \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . .