%A NIM. 09420067 VERONICA LAELATUL FIKRIYAH %T EFEKTIVITAS METODE PEER LESSON DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTsN LAB UIN YOGYAKARTA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif tidaknya penggunaan metode peer lesson dalam pembelajaran bahasa arab dilihat dari kelas kontrol(kelas yang tidak menggunakan metode peer lesson) dan kelas eksperimen (kelas yang tidak menggunakan metode peer lesson). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Lab UIN yang berjumlah 103 siswa. Pengambilan sampel diambil dua kelas yaitu kelas VIII A(35 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B(35 siswa) sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, wawancara,observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode peer lesson sangat efektif dalam Pembelajaran bahasa Arab, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa. Bahwasanya nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Pada pertemuan pertama kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 61,81, dan pada pertemuan kedua kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 57,89. Sedangkan kelas eksperimen pada pertemuan pertama mendapatkan nilai rata-rata 65,29, dan pada pertemuan kedua mendapatkan nilai rata-rata 84,11. %D 2013 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib8612