%0 Thesis %9 Skripsi %A EMI ROSYIDATUL MUHADDIYAH, NIM. 09420189 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:8645 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T PENERAPAN METODE MUBASYARAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS DASAR LEMBAGA JCC (JOGJA COURSE CENTER) SAPEN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8645/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab dengan metode mubasyarah di kelas dasar lembaga JCC (Jogja Course Center) Sapen Yogyakarta, untuk mengetahui kendala dan solusinya serta untuk mengetahui hasilnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif di lembaga JCC (Jogja Course Center) Sapen Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analisis data kualitatif. Sedangkan dalam pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Metode mubasyarah dapat mewujudkan keterampilan berbahasa Arab peserta didik di kelas dasar karena pengajar mejelaskan dan berbicara menggunakan bahasa Arab secara langsung mulai dari awal sampai akhir pembelajaran, dan menggunakan media langsung, yakni dengan menunjuk bendanya lansung. 2) Kendala yang dihadapi yaitu problem metodologis yang berupa media audio, karena media audio dapat menunjang proses pembelajaran sedangkan disana terdapat beberapa kelas tetapi cuma satu kelas yang terdapat media audio. Adapun solusi yang dilakukan oleh pengajar adalah dengan pengajar berperan sebagai media audio itu sendiri. 3) Hasil yang diperoleh setelah diterapkan metode mubasyarah di kelas dasar lembaga JCC (Jogja Course Center) yaitu peserta didik dapat menguasai keterampilan istima ’, kalam, qira’ah, kitabah, dan dapat memperkaya kosa kata, serta pemahaman dalam qowa’id.