%A NIM. 09480095 AHMAD IMAM MUAFIQ %T STUDI KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP SIKAP DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MIN TEMPEL GANDOK SINDUHARJO NGAGLIK SLEMAN %X Keberhasilan sebuah pengajaran tentunya tidak terlepas dari faktor-faktor yang perlu diperhatikan oleh guru, diantaranya adalah sikap guru terhadap siswanya pada saat pembelajaran. Mengingat guru merupakan tenaga profesional yang berarti bahwa pekerjaan guru hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang memiliki kualifikasi akademik, kompetensi dan sertifikat pendidik. Sikap guru yang ditunjukkan pada saat proses belajar mengajar dapat dikategorikan ke dalam sikap yang demokratis. Selain itu metode mengajar yang digunakan oleh guru pada saat kegiatan belajar mengajar sudah cukup baik dan bervariasi. Berangkat dari inilah kemudian penulis bermaksud ingin mengadakan penelitian untuk mengetahui lebih lanjut seberapa jauh sebenarnya sikap dan kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap dan kompetensi professional guru Matematika, prestasi belajar dan korelasi sikap dan kompetensi profesional guru Matematika terhadap prestasi belajar Matematika MIN Tempel, dan untuk mengetahui berapa besar pengaruh sikap dan kompetensi proesionalisme guru matematika terhadap prestasi belajar Matematika siswa MIN Tempel. Penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa metode yaitu wawancara (Interview) Dokumentasi, Angket, dan Observasi. Setelah memperoleh data, peneliti menganalisis data melalui dua tahap. Tahap pertama yaitu Editing dan Tabulasi data sesuai dengan pendekatan penelitian.Tahapan kedua yaitu dengan pengujian instrument melalui uji validitas dan uji reliabilitas, normalitas dan lnearitas. Selanjutnya dengan pengujian hipotesis melaui uji korelasi dan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian bahwa sikap dan kompetensi profesional guru di MIN Tempel adalah cukup baik atau sedang. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa prestasi belajar siswa adalah cukup. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sikap dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa di MIN Tempel. Profesionalisme guru tersebut dapat mempengaruhi prestasi hasil belajar siswa sebesar 0,517. Sedangkan faktor lainnya dapat dipengaruhi oleh faktor internal siswa dan faktor eksternal. Kata Kunci : Sikap, Kompetensi Profesional, Prestasi belajar. %D 2013 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib8652