TY - THES ID - digilib8654 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8654/ A1 - SITI AINUN KHOIRIYAH, NIM. 09420003 Y1 - 2013/06/03/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan media flashcard dapat meningkatkan penguasaan mufradât siswa kelas VII A MTs N Ngemplak Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Penelitian ini tediri dari dua siklus terhadap 31 siswa. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu plan (perencanaan), act (tindakan), observer (pengamatan), dan reflect (refleksi). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media flash card dapat meningkatkan penguasaan mufradât siswa kelas VII A MTs N Ngemplak Sleman Yogyakarta yang terjadi dalam dua siklus. Dari hasil analisis data, kesimpulan yang diperoleh dari pengkajian ini adalah: hasil rata-rata pada siklus 1 untuk pre test yaitu 45,00 dan post test 58,54. Selanjutnya siklus II rata-rata pre test adalah 64,25 dan post test 84,03. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media flash card dapat meningkatkan penguasaan mufradât siswa kelas VII A MTs N Ngemplak Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PEMANFAATAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADA^T SISWA KELAS VII A MTs N NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -