@phdthesis{digilib8655, month = {May}, title = {PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PECANDU NARKOBA DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA YOGYAKARTA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM.09410096 RIDWAN SULARJO}, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8655/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan karakter merupakan proses yang berkelanjutan dan tak pernah berakhir. Pendidikan karakter yang diminta saat ini adalah pendidikan karkter yang dapat membangun wawasan kebangsaan serta mendorong inovasi dan kreasi individu. Selama ini, banyak orang tua yang lebih mementingkan aspek kecerdasan otak/akademik ketimbang kecerdasan karakter. Akhirnya sekaran ini banyak anak-anak yang cerdas akan nilai akademiknya dan bodoh akan nilai karakternya. Maka tindak kriminal saat ini merajalela. Salah satunya penyalahgunaan narkoba. Bahwa orang yang kecanduan narkoba akan mengalami gangguan pada mental dan psikis yang menyebabkan adanya perubahan perilaku yang menyimpang. Pada dasarnya pecandu narkoba memiliki kesempatan yang sama dengan anak normal termasuk di dalamnya dalam memperoleh pendidikan karakter. Kenyataannya pendidikan karakter yang diberikan kepada pecandu narkoba tidak dapat disamakan dengan anak normal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apa program pendidikan, bagaimana implementasinya dan bagaimana hasil dari pendidikan karakter bagi pecandu narkoba di Panti Sosial Pamardi Putra Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang program, implementasi dan hasil dari pendidikan karakter bagi pecandu narkoba di Panti Sosial Pamardi Putra Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Panti Sosial Pamardi Putra Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program pendidikan karakter bagi pecandu narkoba masuk kedalam program Therapeutic Community. (2) Dalam implementasi pendidikan karakter menggunakan pendekatan persuasif/ajakan, dan metode yang dipakai dalam mendidik karakter pecandu narkoba adalah konsep five pillars of the programe yang ada pada therapeutic community, serta menggunakan media grup-grup terapi yang ada di dalam therapeutic community. Metode dan media yang digunakan disesuikan sengan perkembangan psikologis dari para pecandu narkoba. Dalam mengevaluasinya menggunankan sistem evaluasi program, proses dan hasil. 3) Hasil dari pendidikan karakter bagi pecandu narkoba di Panti Sosial Pamardi Putra Yogyakarta adalah tertanamnya nilai-nilai karakter yang terbentuk dari unwritten philosophy kedalam diri pecandu narkoba (resident) dengan ditandai tidak lagi menggunakan narkoba.} }