@phdthesis{digilib8657, month = {May}, title = {PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL BAHASA ARAB DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI GUBUKRUBUH, GETAS, PLAYEN, GUNUNGKIDUL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09420052 QUROTUL A?YUN}, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8657/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan program remedial bahasa arab dan kontribusinya terhadap hasil prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Negeri Gubukrubuh, getas, pleyen, gunugkidul. Hasil penelitian ini diharapkan akan dijadikan pertimbangan dalam mendorong dan meningkatkan proses pembelajaran bahasa arab yang lebih bermutu, efektif, dan efisien. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Negeri Gebukrubuh, getas, playen, gunungkidul. Pengumpulan data dilakukn dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan,da dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan pengumpulan data, reduksi data penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara operasional pelaksanaan remedial dilaksanakan pada saat guru bahasa arab sebelum kegiatan pembelajaran biasa yaitu untuk membantu siswa yang diduga mengalamu kesulitan, atau selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran bahasa arab di kelas, dan pada saat ulangan harian dan ujian tegah semester dan ujian akhir semester yang mana jadwal tersebut telah ditentukan oleh sekolah. Akan tetapi siswa yang mengikuti program remedial dalam penilaian tidak boleh melebihi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) karena agar tidak menimbulkan kecemburuan social antar siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti program remedial. Dengan diadakannya program remedial tersebut sangat memberikan kontibusi yang sangat besar bagi siswa yaitu nilai yang didapat siswa menjadi meningkat disbanding sebelum melaksanakan remedial dan dapat menambah wawasan, pengetahuan dan keterampan siswa yang diberi pengayaan sehingga siswa dapat mencapai ketuntasan dalam belajarnya. } }