eprintid: 8674 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/86/74 datestamp: 2013-07-08 10:39:58 lastmod: 2017-07-28 06:43:28 status_changed: 2013-07-08 10:39:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ERVIN YUNIARTI NING TYAS, NIM. 09410238 title: STRATEGI RECONNECTING DAN METODE IQRO’ DALAM PEMBELAJARAN BACA AL-QUR’AN PADA SISWA SMALB-C DI SLB YAPENAS DEPOK SLEMAN ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted abstract: ERVIN YUNIARTI NING TYAS. Strategi Reconnecting dan Metode Iqro’ dalam Pembelajaran Baca Al-Qur’an pada Siswa SMALB-C di SLB YAPENAS Depok Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013.Latar belakang penelitian ini adalah bahwa siswa SMALB-C mempunyai hak yang sama dengan siswa normal dalam memperoleh pembelajaran baca Al-Qur’an. Berdasarkan observasi pra penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa SMALB-C muslim yang belum bisa membaca huruf Al-Qur’an. Untuk memotivasi siswa SMALB-C yang beragama Islam agar bisa mengenal huruf-huruf Al-Qur’an, pihak sekolah telah menyelenggarakan pembelajaran baca Al-Qur’an yang sudah berjalan kurang lebih satu setengah tahun. Hal yang membedakan dengan pembelajaran baca AlQur’an di tempat lain adalah Strategi dan metode yang digunakan. Di SLB YAPENAS menggunakan strategi reconnecting dan metode Iqro’. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran baca Al-Qur’an pada siswa SMALB-C di SLB Yapenas Depok sleman dengan menggunakan stretegi reconnecting dan metode Iqro’ dan apa kendala yang dihadapi guru dan siswa SMALB-C di SLB Yapenas Depok Sleman saat pembelajaran baca Al-Qur’an dengan menggunakan strategi reconnecting dan metode Iqro’. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran baca Al-Qur’an pada siswa SMALB-C di SLB Yapenas Depok sleman dengan menggunakan stretegi reconnecting dan metode Iqro’ beserta kendalanya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh guru/pendidik untuk pembelajaran baca Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SLB YAPENAS Depok Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Penggunaan strategi reconnecting dan metode Iqro’ dalam pembelajaran baca Al-Qur’an pada siswa SMALB-C di SLB Yapenas Depok Sleman, menitikberatkan pada kemampuan siswa SMALB-C dalam menerima pelajaran. Manfaatnya membantu siswa untuk membuka ingatan yang tersimpan dalam memori sehingga akan mempermudah guru dalam menghubungkan materi yang satu dengan materi yang lain, bisa mempertajam pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang pernah dipelajari, tercipta pembelajaran yang aktif, dan tercipta hubungan yang komunikatif antara guru dan siswa. (2) pembelajaran tidak dilengkapi dengan alat bantu/peraga sehingga siswa merasa kesulitan untuk memahami materi pelajaran, kurangnya tindak lanjut pembelajaran baca Al-Qur’an dari beberapa wali murid, dan pengkondisian siswa yang kurang tegas date: 2013-06-04 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ERVIN YUNIARTI NING TYAS, NIM. 09410238 (2013) STRATEGI RECONNECTING DAN METODE IQRO’ DALAM PEMBELAJARAN BACA AL-QUR’AN PADA SISWA SMALB-C DI SLB YAPENAS DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8674/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8674/2/BAB%20II%2C%20III.pdf