%0 Thesis %9 Skripsi %A ARIFUDIN, NIM. 09420123 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:8681 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T KUALITAS ITEM BUTIR SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII DI SMP ALI MAKSUM TAHUN AJARAN 2012/2013 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8681/ %X Evaluasi merupakan proses yang penting dalam kaitannya dengan keberhasilan pendidikan. Dengan evaluasi, tercapainya suatu tujuan pembelajaran dapat termonitoring, sehingga jika ada aspek pembelajaran yang tidak mendukung tercapainya tujuan, dapat segera teratasi. Kualitas instrumen evaluasi juga perlu diperhatikan. Dengan instrumen yang berkualitas baik, maka proses evaluasi akan menghasilkan pengukuran dan penilaian yang akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII SMP Ali Maksum Krapyak Bantul. Selain itu, penelitian ini juga menguji kualitas butir soal Ujian Tengah Semester Genap tahun ajaran 2012/2013 dari aspek validitas, reliabilitas, derajat kesukaran item, daya pembeda item, dan fungsi distraktor item butir soal. Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian kuantiatif karena data penelitiannya berupa angka-angka dan analisisnya menggunakan statistik, dan juga merupakan penelitian lapangan yang mengambil latar SMP Ali Maksum Krapyak Bantul. Sedangkan pengumpulan datanya dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penganalisisan data statistiknya dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses evaluasi pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII SMP Ali Maksum Krapyak Bantul belum berjalan ideal. Guru belum menerapkan prosedur pelaksanaan evaluasi yang sesuai dengan teori dan ketentuan yang ada di dalam dunia evaluasi dalam pelaksanaanya. Validiatas soal Ujian Tengah Semester Genap tahun 2013 dari 30 soal pilihan ganda tergolong rendah. Nilai reliabilitas soal ujian termasuk tinggi yaitu 0.815. Tingkat kesukaran soal ujian termasuk pada kategori soal yang mudah. Daya pembeda butir soal yang termasuk jelek sebanyak 19 butir, 4 butir soal termasuk sedang, 6 butir soal termasuk baik, dan 1 butir soal termasuk dalam kategori negatif. Fungsi distraktor yang berfungsi dengan baik sebanyak 30 pengecoh, sedangkan yang 60 pengecoh lainnya tidak dapat berfungsi dengan baik.