TY - THES ID - digilib8697 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8697/ A1 - HERI KISWANTO, NIM. 07410343 Y1 - 2013/03/28/ N2 - Latar Belakang Penilitian ini adalah adanya Peraturan Pemerintah Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Program standarisasi tersebut terintegrasi pada tiga program, salah satunya yaitu program akreditasi. Pelaksanaan akreditasi pada suatu program/lembaga tidak hanya diterapkan pada jalur formal, akan tetapi pada lembaga jalur non formal seperti Madrasah Diniyah Binaul Ummah Desa Wonolelo, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Hasil akreditasi menunjukkan bahwa Madrasah Diniyah Binaul Ummah mendapatkan nilai A, walaupun dalam proses pembelajaran masih terlihat kinerja yang kurang maksimal. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini apakah program akreditasi berpengaruh terhadap peningkatan proses pembelajaran madrasah diniyah Binaul Ummah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program akreditasi terhadap peningkatan proses pembelajaran di madrasah diniyah Binaul Ummah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan yang bersifat edukatif/pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif-analitik, reduksi data, penyajian data yang sudah dikumpulkan dan penarikan kesimpulan. Setelah analisis data dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa : (1) program akreditasi berpengaruh terhadap peningkatan pembelajaran di Madrasah Diniyah Binaul Ummah. (2) Faktor pendukung pelaksanaan program akreditasi di Madrasah Diniyah Binaul Ummah antara lain : (a) Kepedulian pemerintah untuk meningkatkan mutu Pendidikan di Madrasah Diniyah (b) Peran serta pihak madrasah diniyah untuk mensukseskan program pemerintah (c) Keterlibatan para guru untuk menyiapkan instrument akreditasi (d) Dukungan dan sambutan positif dari wali santri terhadap proses pelaksanaan progam akreditasi (e) Motivasi dari semua elemen madrasah untuk bersama-sama meningkatkan mutu madrash diniyah melalui progam akreditasi (f) Adanya sosialisasi dari pemerintah terhadap progam akreditasi madrasah (g) Kontribusi santri dalam persiapan akreditasi madrasah diniyah. Sedangkan Faktor penghambatnya antara lain : (a) SDM madrasah diniyah Binaul Ummah yang masih kurang (b) Beberapa Instrumen yang kurang sesuai dengan kondisi riil Madrasah Diniyah Binaul Ummah (c) Keterbatasan biaya Madrasah Diniyah Binaul Ummah untuk persiapan akreditasi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS PROGRAM AKREDITASI TERHADAP PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH DINIYAH BINAUL UMMAH AV - restricted ER -