TY - THES ID - digilib8707 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8707/ A1 - INAROTUL IZZATI, NIM. 09480083 Y1 - 2013/06/25/ N2 - Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di MI Ya BAKII 1 Kesugihan Cilacap, 2) untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di MI Ya BAKII 1 Kesugihan Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen desain adalah suatu penelitian yang mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV semester 1 MI Ya BAKII I Kesugihan Cilacap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan disain satu faktor dan dua sampel. Satu faktor yang dimaksud adalah penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA, sedangkan dua sampel adalah kelas IV A (kelas eksperimen) dan kelas IV C (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi dan soal prestasi belajar, untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Angket motivasi belajar, dengan nilai sig. 2 (tailed) kelas IV A sebesar 0,021 dan kelas IV C sebesar 0,022 yang artinya lebih kecil dari batas yang digunakan yaitu 5% (signifikansinya 0,05). Maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar siswa. 2) Prestasi belajar, dengan nilai sig.(2-tailed) untuk kelas eksperimen sebesar 0,000 dan kelas kontrol sebesar 0,000, yang artinya lebih kecil dari batas yang digunakan yaitu 5% (signifikansinya < 0,05). Maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa. Dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 88,75 dan kelas kontrol 73,26. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI Ya BAKII 1 KESUGIHAN-CILACAP AV - restricted ER -