<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MODEL PEMBELAJARAN KARAKTER\r\nPADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) \r\nKELAS V SD MUHAMMADIYAH KARANGWARU YOGYAKARTA\r\n"^^ . "Praktek pendidikan diharapkan tidak semata berorientasi pada aspek\r\nkognitif saja, melainkan secara terpadu menyangkut tiga dimensi taksonomi\r\npendidikan, yakni: kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta berbasis pada\r\nkarakter positif dengan berbagai indikator. Untuk itu, pembelajaran dan\r\npendidikan karakter harus dikenalkan kembali sebagai mata dan nilai yang\r\nterintegrasi dan tersusun dalam berbagai mata pelajaran. Pembelajaran\r\nmelalui mata pelajaran dirasa mampu memberikan pengaruh yang cukup\r\nbesar bagi terbentuknya karakter siswa, di samping adanya pembiasaan\r\n(pembudayaan) di sekolah maupun dalam kegiatan ekstrakurikuler. Hal itulah\r\nyang dijadikan oleh peneliti sebagai latar belakang masalah dalam penelitian\r\nini terkait dengan bagaimanakah model pembelajaran karakter yang\r\nditerapkan di SD Muhammadiyah Karangwaru dalam proses pembelajaran\r\npada mata pelajaran. \r\nMata pelajaran IPS dijadikan sebagai objek penelitian dengan alasan\r\nnilai-nilai karakter yang terkandung di dalamnya dirasa sangat mampu untuk\r\nmembantu siswa dalam membentuk karakternya untuk menjadi\r\nmanusia/makhluk sosial yang berkualitas. Oleh karena itu, kemampuan\r\nseorang guru dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran karakter\r\natau mengajarkan mata pelajaran IPS ini akan sangat mempengaruhi bagi\r\nbaik buruknya perilaku atau sikap siswa di dalam masyarakat nantinya. \r\nJenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan dengan\r\nmetode kombinasi model sequential exploratory yang dalam pengumpulan\r\ndatanya peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi,\r\nwawancara, dokumentasi, dan angket. Observasi dilakukan untuk mengamati\r\nmodel pembelajaran karakter yang diterapkan. Wawancara dilakukan untuk\r\nmengetahui lebih dalam tentang model pembelajaran karakternya, nilai-nilai\r\nkarakter yang dikembangkan, serta faktor pendukung dan penghambatnya.\r\nDokumentasi dilakukan untuk merekam proses pembelajaran dan juga untuk\r\nmengumpulkan perangkat-perangkat pembelajaran yang digunakan sebagai\r\nacuan. Sedangkan angket digunakan untuk mengetahui hasil dari penerapan\r\nmodel pembelajaran karakter dan juga tingkat keberhasilannya. Serta\r\npemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data. \r\nDari hasil penelitian, ditemukan beberapa model pembelajaran\r\nkarakter yang diterapkan antara lain pembiasaan, keteladanan, pembinaan\r\ndisiplin, dan kooperatif dengan mengembangkan nilai-nilai karakter untuk\r\npembentukan karakter siswa. Untuk hasil yang diperoleh dari penerapan\r\nmodel pembelajaran karakter dapat dikatakan sudah mampu mencapai nilainilai\r\n\r\nkarakter yang dikembangkan dengan baik dan dapat dikatakan telah\r\ncukup mampu membentuk karakter siswa dengan tingkat keberhasilan\r\nmencapai 72%. Hasil-hasil tersebut juga tidak terlepas dari faktor pendukung\r\ndan penghambatnya yang menentukan berhasil dan tidaknya dari tujuan\r\npembelajaran karakter yang diharapkan. \r\n\r\nKata kunci: Model Pembelajaran, Karakter, IPS."^^ . "2013-06-25" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09480045"^^ . "LUKI RAHARJO"^^ . "NIM. 09480045 LUKI RAHARJO"^^ . . . . . . "MODEL PEMBELAJARAN KARAKTER\r\nPADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) \r\nKELAS V SD MUHAMMADIYAH KARANGWARU YOGYAKARTA\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "MODEL PEMBELAJARAN KARAKTER\r\nPADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) \r\nKELAS V SD MUHAMMADIYAH KARANGWARU YOGYAKARTA\r\n (Text)"^^ . . . "MODEL PEMBELAJARAN KARAKTER\r\nPADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) \r\nKELAS V SD MUHAMMADIYAH KARANGWARU YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "MODEL PEMBELAJARAN KARAKTER\r\nPADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) \r\nKELAS V SD MUHAMMADIYAH KARANGWARU YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "MODEL PEMBELAJARAN KARAKTER\r\nPADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) \r\nKELAS V SD MUHAMMADIYAH KARANGWARU YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "MODEL PEMBELAJARAN KARAKTER\r\nPADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) \r\nKELAS V SD MUHAMMADIYAH KARANGWARU YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "MODEL PEMBELAJARAN KARAKTER\r\nPADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) \r\nKELAS V SD MUHAMMADIYAH KARANGWARU YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PEMBELAJARAN KARAKTER\r\nPADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) \r\nKELAS V SD MUHAMMADIYAH KARANGWARU YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PEMBELAJARAN KARAKTER\r\nPADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) \r\nKELAS V SD MUHAMMADIYAH KARANGWARU YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PEMBELAJARAN KARAKTER\r\nPADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) \r\nKELAS V SD MUHAMMADIYAH KARANGWARU YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #8708 \n\nMODEL PEMBELAJARAN KARAKTER \nPADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) \nKELAS V SD MUHAMMADIYAH KARANGWARU YOGYAKARTA \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .