eprintid: 8708 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/87/08 datestamp: 2013-07-09 09:17:09 lastmod: 2017-01-27 03:10:20 status_changed: 2013-07-09 09:17:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LUKI RAHARJO, NIM. 09480045 title: MODEL PEMBELAJARAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS V SD MUHAMMADIYAH KARANGWARU YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: pgmi full_text_status: restricted abstract: Praktek pendidikan diharapkan tidak semata berorientasi pada aspek kognitif saja, melainkan secara terpadu menyangkut tiga dimensi taksonomi pendidikan, yakni: kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta berbasis pada karakter positif dengan berbagai indikator. Untuk itu, pembelajaran dan pendidikan karakter harus dikenalkan kembali sebagai mata dan nilai yang terintegrasi dan tersusun dalam berbagai mata pelajaran. Pembelajaran melalui mata pelajaran dirasa mampu memberikan pengaruh yang cukup besar bagi terbentuknya karakter siswa, di samping adanya pembiasaan (pembudayaan) di sekolah maupun dalam kegiatan ekstrakurikuler. Hal itulah yang dijadikan oleh peneliti sebagai latar belakang masalah dalam penelitian ini terkait dengan bagaimanakah model pembelajaran karakter yang diterapkan di SD Muhammadiyah Karangwaru dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran. Mata pelajaran IPS dijadikan sebagai objek penelitian dengan alasan nilai-nilai karakter yang terkandung di dalamnya dirasa sangat mampu untuk membantu siswa dalam membentuk karakternya untuk menjadi manusia/makhluk sosial yang berkualitas. Oleh karena itu, kemampuan seorang guru dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran karakter atau mengajarkan mata pelajaran IPS ini akan sangat mempengaruhi bagi baik buruknya perilaku atau sikap siswa di dalam masyarakat nantinya. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan dengan metode kombinasi model sequential exploratory yang dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Observasi dilakukan untuk mengamati model pembelajaran karakter yang diterapkan. Wawancara dilakukan untuk mengetahui lebih dalam tentang model pembelajaran karakternya, nilai-nilai karakter yang dikembangkan, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Dokumentasi dilakukan untuk merekam proses pembelajaran dan juga untuk mengumpulkan perangkat-perangkat pembelajaran yang digunakan sebagai acuan. Sedangkan angket digunakan untuk mengetahui hasil dari penerapan model pembelajaran karakter dan juga tingkat keberhasilannya. Serta pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data. Dari hasil penelitian, ditemukan beberapa model pembelajaran karakter yang diterapkan antara lain pembiasaan, keteladanan, pembinaan disiplin, dan kooperatif dengan mengembangkan nilai-nilai karakter untuk pembentukan karakter siswa. Untuk hasil yang diperoleh dari penerapan model pembelajaran karakter dapat dikatakan sudah mampu mencapai nilainilai karakter yang dikembangkan dengan baik dan dapat dikatakan telah cukup mampu membentuk karakter siswa dengan tingkat keberhasilan mencapai 72%. Hasil-hasil tersebut juga tidak terlepas dari faktor pendukung dan penghambatnya yang menentukan berhasil dan tidaknya dari tujuan pembelajaran karakter yang diharapkan. Kata kunci: Model Pembelajaran, Karakter, IPS. date: 2013-06-25 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: LUKI RAHARJO, NIM. 09480045 (2013) MODEL PEMBELAJARAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS V SD MUHAMMADIYAH KARANGWARU YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8708/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8708/2/BAB%20II%2C%20III.pdf