TY - THES ID - digilib8717 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8717/ A1 - ROUF TAMIM, NIM. 09420138 Y1 - 2013/06/27/ N2 - Rouf Tamim. Problematika pembelajaran Maharah Al-qira?ah siswa kelas X D MAN Wonosari Gunungkidul Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komponenkomponen pembelajaran Maharah Al-qira?ah, Problematikanya dan apa saja usaha yang dilakukan sekolah dan guru Bahasa Arab untuk mengatasi problematika tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, peneliti menggunakan sampel penelitian dari siswa kelas X D MAN Wonosari Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian dalam empat tahap, yaitu: reduksi data, triangulasi, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Komponen-komponen pembelajaran Maharah Al-qira?ah di kelas X D MAN Wonosari Gunungkidul meliputi: a) Tujuan pembelajaran Maharah Al-qira?ah yaitu bisa membedakan bunyi huruf Hijaiyyah, mampu mengidentifikasi materi yang meliputi huruf, kata dan kalimat, b) Materi pembelajaran Maharah Al-qira?ah meliputi (perkenalan), (kehidupan keluarga), (hobi) dan profesi/pekerjaan), c) Metode yang digunakan adalah metode membaca nyaring (Al-qira?ah Al-jahriyyah) dan cooperative learning, proses pembelajarannya yaitu memberi contoh kepada siswa membaca yang baik dan benar, kemudian siswa menyimak contoh bacaan tersebut, siswa belajar berkelompok sebagai tugas mempelajari bagaimana membaca yang baik dan benar d) Media yang dipakai adalah spidol, white board, buku ajar dan LKS, e) Evaluasi meliputi penilian afektif, penilaian proses individu atau kelompok dan penilaian keterampilan Al-qira?ah. (2) Problematika Maharah Al-qira?ah dalam pembelajaran Bahasa Arab bagi siswa kelas X D MAN Wonosari yaitu, sistem bunyi, bentuk huruf, kosa kata, tanda baca, latar belakang siswa.(3) Usaha yang dilakukan untuk mengatasi problematika tersebut, dari pihak sekolah yaitu, menyeleksi pendaftaran siswa baru dengan tes baca tulis al-qur?an dan membuat program bimbingan BTQ (Baca tulis Al-qur?an). Dari pihak guru Bahasa Arab memberikan bimbingan cara melafalkan huruf Hijaiyyah yang benar sesuai makharijul huruf Bahasa Arab. Guru mengkhususkan siswa yang belum bisa membaca dengan pengawaasan setiap pertemuan pelajaran Bahasa Arab. Solusi peneliti untuk mengatasi problematika dengan menggunakan metode Phonetic. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MAHARAH AL QIRA?AH SISWA KELAS X D MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -