@phdthesis{digilib8721, month = {July}, title = {UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BERBASIS SUPERVISI PENDIDIKAN DI MIN NGESTIHARJO, WATES, KULON PROGO }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09480053 RATNA KUMALASARI}, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8721/}, abstract = {Supervisi pendidikan sangatlah penting perananya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan pelaksanaan supervisi, kepala sekolah dapat mengetahui kekurangan dan kelemahan guru dalam mengajar. Di MIN Ngestiharjo, Wates, Kulon Progo belum mengalami peningkatan pembelajaran yang maksimal, dengan beban tanggung jawab mendidik siswa yang tidak sedikit tersebut tentunya membutuhkan seorang supervisor dalam pengembangan kualitas pelaksanaan proses belajar-mengajar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses supervisi yang telah dilaksanakan oleh Kepala Madrasah dan bagaimana profesionalitas guruguru dalam meningkatkan kualitas pembelajarannya dilihat dari kemampuan mengajar mereka. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan dunia pendidikan, sebagai bahan pemikiran dan pertimbangan terutama dalam kompetensi guru agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif dengan mengumpulkan informasi-informasi mengenai keadaan saat ini, dan melihat kaitannya antara variabel-variabel yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dengan sumber penelitian di MIN Ngestiharjo, Wates, Kulon Progo. Yang menjadi subyek penelitian adalah Kepala Madrasah, dan guru-guru di MIN Ngestiharjo, Wates, Kulon Progo tersebut. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1. Supervisi pendidikan yang dilakukan Kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam meningkatkan kualitas pembelajarannya dilakukan dalam bentuk supervisi akademik dan supervisi klinis dengan tujuan membantu guru untuk meningkatkan kualitas guru yang dilakukan dengan dua teknik yaitu teknik individual (kunjungan kelas dan percakapan pribadi) dan teknik kelompok (rapat guru dan rapat rutin). 2. Faktor pendorong dan penghambat proses supervisi pendidikan yang dilakukan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri Ngestiharjo, Wates, Kulon Progo yaitu untuk faktor pendorong meliputi (Dalam perspektif kepala Madrasah supervisi merupakan tugas dan tanggung jawab yang mulia, monitoring yang dilakukan secara rutin, adanya motivasi tinggi untuk peningkatan kualitas pembelajaran, layanan terapi dan konsultasi masalah setiap saat oleh Kepala Madrasah), sedangkan faktor penghambat meliputi (Kepala Madrasah hanya memiliki waktu yang terbatas untuk pelaksanaan supervisi, beban kerja kepala Madrasah yang padat). Kata kunci : Supervisi Pendidikan, kualitas pembelajaran} }