eprintid: 875 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/08/75 datestamp: 2012-05-06 03:36:33 lastmod: 2016-12-27 02:23:49 status_changed: 2012-05-04 16:40:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ELFA NUR RAHMATIA DESY - NIM. 03210046, title: RADIO ISTAKALISA SEBAGAI RADIO KOMERSIAL (Studi Perubahan Manajemen Radio Komunitas Menjadi Radio Komersial) ispublished: pub subjects: PA divisions: jur_kpi full_text_status: restricted keywords: Radio, Radio Komersial, Radio Komunitas note: Pembimbing : Musthofa, s.Ag., M.Si. abstract: ABSTRAK Manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakantindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya. Radio Istakalisa lahir dari sekedar hobby beberapa mahasiswa ISTA (Institut Sains dan Tekhnologi Akprind) yang menyukai komunikasi lewat gelombang radio. Para mahasiswa ini mulai memanfaatkan satu jalur FM yang sebenarnya diperuntukan untuk radio komersial. Awalnya hobi para mahasiswa ini tidak dicampurtangani oleh pihak kampus IST Akprind dimana radio itu berada. Namun setelah mengetahui kegiatan mahasiswi ini mempunyai nilai positif, maka pihak kampus menawarkan untuk menjadikan kegiatan ini menjadi unit mahasiswa (UKM) yang lebih bermanfaat. Perubahan manajemen radio Istakalisa terdiri dari perubahan SDM, yaitu manajemen SDM radio Istakalisa pada masa komunitas sangatlah rancu dan belum terorganisir, hal ini disebabkan oleh masih seringnya bongkar pasang crew atau personil dalam radio Istakalisa sedangkan setelah menjadi komersial radio Istakalisa telah memiliki tujuan, yaitu bisnis dan mencari keuntungan. Kemudian sumber dana, yaitu pada saat komunitas radio Istakalisa hanya mengandalkan iuran anggota serta uang pembinaan yang diberikan oleh pihak institut, tetapi setelah berubah status menjadi komersial radio Istakalisa harus mencari sendiri sumber dana untuk menjalankan sistem operasionalnya. Kemudian sasaran pendengar saat komunitas pemancar yang dimiliki oleh radio Istakalisa hanya mampu menjangkau 5 (lima) KM dari wilayah kampus (studio), tetapi sekarang setelah berubah status menjadi komersial radio Istakalisa sudah memiliki pemancar yang sangat tinggi, dan sampai saat ini sasaran pendengar radio Istakalisa sudah mampu menjangkau seluruh DIY dan sekitarnya. Perubahan manajemen radio Istakalisa mengharuskan Istakalisa merubah kualifikasi penyiarnya. Pada masa komunitas, radio Istakalisa hanya memiliki kualifikasi penyiar, yaitu mahasiswa dan mahasisiwi IST Akprind. Namun setelah menjadi komersial kualifikasi penyiar menjadi lebih diperhitungkan karena tak berlebihan bila penyiar radio menjadi brand image bagi stasiun radio dimana mereka bekerja. date: 2008-06-19 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Dakwah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: 1 update terakhir : 2008-06-19 12:01:35 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--asdasd-224-1-elfanur-l.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/5/digilib-uinsuka--asdasd-224-1-elfanur-l.pdf ; url download server lama : /download.php?id=320 ; nama file lama : ELFA NUR RAHMATIA DESY 03210046 RADIO ISTAKALISA SEBAGAI RADIO KOMERSIAL.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1074598 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ELFA NUR RAHMATIA DESY - NIM. 03210046, (2008) RADIO ISTAKALISA SEBAGAI RADIO KOMERSIAL (Studi Perubahan Manajemen Radio Komunitas Menjadi Radio Komersial). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/875/1/bab%201%20dan%20penutup.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/875/2/bab%202%20dan%203.pdf