%0 Thesis %9 Skripsi %A SUERNA DWI LESTARI, NIM. 07680042 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2013 %F digilib:8751 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE PEER LESSON BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA N 2 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8751/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi Active Learning tipe Peer Lesson berbasis Information and Communication Technology (ICT) pada materi ekosistem terhadap partisipasi belajar biologi siswa kelas X semester II SMA N 2 Banguntapan Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012; (2) pengaruh strategi Active Learning tipe Peer Lesson berbasis Information and Communication Technology (ICT) pada materi ekosistem terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X semester II SMA N 2 Banguntapan Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan desain penelitan eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) tipe Pre-test Pos-test Control Group Design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA N 2 Banguntapan Bantul Yogyakarta yang terdiri dari empat kelas, yaitu X-1, X-2, X-3 dan X-4, kemudian diambil sampel 2 kelas secara random, yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Media berbasis ICT yang digunakan berupa Power Point Presentation (PPT) interaktif. Pengumpulan data menggunakan soal pretest, posttest, dan lembar observasi tentang partisipasi belajar siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t-test untuk data hasil belajar biologi siswa dan uji Kolmogorov-Smirnov untuk data partisipasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif terhadap partisipasi belajar siswa yang menggunakan strategi Active Learning tipe Peer Lesson berbasis Information and Communication Technology (ICT), hal ini dibuktikan dengan uji Two Independent Samples Kolmogorov-Smirnov data partisipasi belajar siswa mempunyai nilai p (Asymp. Sig. 2-tailed) 0,001 lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05); (2) terdapat pengaruh positif terhadap hasil belajar biologi pada kelas eksperimen yang menggunakan strategi Active Learning tipe Peer Lesson Berbasis Information and Communication Technology (ICT) sedangkan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah dan demonstrasi, hal ini dibuktikan uji t-test dengan sig. (2-tailed) yaitu 0,038 < taraf signifikansi (0,05). Kesimpulan hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi Active Learning tipe Peer Lesson Berbasis Information and Communication Technology (ICT) berpengaruh positif terhadap partisipasi dan hasil belajar biologi sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran biologi di sekolah. Kata Kunci: Strategi pembelajaran Active Learning tipe Peer Lesson, Information and Communication Technology (ICT), partisipasi belajar siswa dan hasil belajar biologi.