eprintid: 8752 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/87/52 datestamp: 2013-07-09 14:32:42 lastmod: 2016-02-22 04:44:44 status_changed: 2013-07-09 14:32:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SRI AGUNG BUDIARTI, NIM. 08670042 title: PENGEMBANGAN KOMIK BILINGUAL (BAHASA INDONESIA – BAHASA JAWA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI POKOK ASAM BASA KELAS XI ispublished: pub subjects: pen_kim divisions: jur_pekim full_text_status: restricted abstract: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik proses dan produk, serta untuk mengetahui kelayakan komik kimia bilingual berdasarkan penilaian 4 guru kimia SMA/MA dan respon 10 peserta didik SMA/MA kelas XI. Penelitian pengembangan ini menggunakan model prosedural bersifat deskriptif. Model ini menggunakan 5 tahap pelaksanaan strategi sebagaimana yang tertuang dalam siklus penelitian dan pengembangan Borg & Gall. Tahapantahapan tersebut meliputi; tahap penelitian dan pengumpulan data; tahap perencanaan; tahap pengembangan; tahap uji coba awal; dan tahap revisi produk. Produk komik kimia bilingual ini ditinjau oleh dosen pembimbing, para ahli yang terdiri dari dosen ahli media, dosen ahli materi, dan 2 ahli bahasa, serta 3 orang peer reviewer. Penilaian produk dilakukan oleh reviewer (4 guru kimia SMA/MA) dan direspon oleh 10 peserta didik SMA/MA di Yogyakarta. Instrumen yang digunakan berupa angket daftar cek (check list) berisi 8 aspek untuk melihat kualitas produk dan angket daftar cek (check list) berisi 5 aspek untuk mengetahuai respon peserta didik terhadap produk. Hasil penilaian dan respon berupa data kuantitatif, kemudian dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal dan persentase keidealan untuk menentukan kualitas media pembelajaran komik kimia bilingual. Hasil penelitian pengembangan, berupa media pembelajaran komik kimia bilingual (Bahasa Indonesia-Bahasa Jawa) pada materi pokok asam basa untuk peserta didik SMA/MA kelas XI. Komik kimia bilingual berisi sinopsis, pengenalan tokoh, penjelasan materi, soal latihan dan referensi. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran komik kimia bilingual menurut 4 guru kimia SMA/MA di Yogyakarta memiliki kualitas Baik (B) dengan persentase keidealan sebesar 82,24%. Sedangkan respon yang dihasilkan menurut 10 peserta didik SMA/MA di Yogyakarta memberikan respon positif sebesar 96,89% terhadap komik kimia bilingual. Kata Kunci : Media pembelajaran kimia, komik kimia bilingual, komik kimia Bahasa Jawa, asam basa. date: 2013-05-28 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SRI AGUNG BUDIARTI, NIM. 08670042 (2013) PENGEMBANGAN KOMIK BILINGUAL (BAHASA INDONESIA – BAHASA JAWA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI POKOK ASAM BASA KELAS XI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8752/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8752/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf