%0 Thesis %9 Skripsi %A NOVETTA SAPTARIANA, NIM. 07690004 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2013 %F digilib:8756 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PRAKTIKUM IPA (FISIKA) MATERI BUNYI, CAHAYA DAN ALAT OPTIK UNTUK SMP/MTs KELAS VIII %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8756/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui karakteristik video pembelajaran yang dikembangkan, (2) Mengetahui kualitas video pembelajaran praktikum IPA (fisika) berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, dan guru fisika SMP/MTs, (3) Mengetahui respon siswa terhadap video pembelajaran IPA (fisika) dengan materi bunyi, cahaya, dan alat optik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model prosedural yang mengadaptasi dari perangkat model 4-D (four D model) yaitu Define, Design, Develop, and Disseminate. Instrumen penilaian berupa angket kualitas video dengan skala Likert empat yang ditujukan kepada ahli media, ahli materi, dan guru fisika SMP/MTs, sedangkan instrumen untuk siswa berupa angket respon siswa yaitu menggunakan skala Guttman. Subjek penelitian adalah siswa SMP/MTs kelas VIII. Uji terbatas dilaksanakan di kelas VIIIA MTsN Amuntai sebanyak 7 siswa dan uji luas dilaksanakan di kelas VIIIB MTsN Sungai Pandan sebanyak 33 siswa. Data kualitas produk yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, yaitu data kualitatif diubah menjadi kuantitatif, kemudian mengolah skor rata-rata kualitas dengan menggunakan kriteria kategori penilaian ideal, serta menentukan nilai persentase kualitas. Hasil penelitian ini (1) Karakteristik video pembelajaran yang dikembangkan berupa video pembelajaran praktikum IPA (fisika) materi bunyi, cahaya, dan alat optik untuk SMP/MTs Kelas VIII, software yang digunakan yaitu vegas dan adobe flash 3. Video pembelajaran praktikum IPA (fisika) berisi tentang aplikasi konsep bunyi, cahaya, dan alat optik dalam kehidupan sehari-hari, dilanjutkan dengan 3 kegiatan praktikum yang disertai dengan penjelasan materi, contoh soal, dan soal-soal latihan (2) Kualitas video pembelajaran praktikum IPA (fisika) berdasarkan penilaian 2 ahli media, 2 ahli materi, dan 2 guru fisika SMP/MTs memiliki kualitas yang Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan masing-masing sebesar 77,9%, 80,7%, dan 92,9% (3) Respon siswa terhadap video pembelajaran praktikum IPA (fisika) pada tahap uji terbatas diperoleh persentase sebesar 96,42% dan pada tahap uji luas diperoleh persentase sebesar 91,21%. Kata Kunci: Pengembangan Media, Video Pembelajaran, dan Praktikum IPA (Fisika).