eprintid: 8779 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/87/79 datestamp: 2013-07-10 09:37:57 lastmod: 2016-02-22 03:07:29 status_changed: 2013-07-10 09:37:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MAULIDA TRI OKTAVIANI, NIM. 09670022 title: PENGARUH PENGGUNAAN PAKET MEDIA KARTU HIDROKARBON TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER GENAP SMA UII BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 ispublished: pub subjects: pen_kim divisions: jur_pekim full_text_status: restricted abstract: Telah dilakukan penelitian yang berjudul ―Pengaruh Penggunaan Paket Media Kartu Hidrokarbon terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMA UII Banguntapan Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012/2013‖. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan paket media kartu hidrokarbon terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X SMA UII Banguntapan Bantul Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui pengaruh penggunaan paket media kartu tersebut terhadap hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas X SMA UII Banguntapan Bantul Yogyakarta yang berjumlah 75 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain Pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar skala motivasi belajar, lembar soal pilihan ganda, dan lembar observasi keterlaksanaan RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan paket media kartu hidrokarbon memberikan pengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar kimia peserta didik. Hal ini berdasarkan analisis menggunakan uji t dan uji F antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji t untuk motivasi t hitung (3,065) > t tabel (2,015). Hasil uji t untuk hasil belajar diperoleh t (2,365) > t (2,015). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara motivasi dan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya, berdasarkan uji F untuk motivasi diperoleh F tabel hitung (9,391) > F (4,062). Hasil uji F untuk hasil belajar adalah F hitung (5,595) > F tabel tabel (4,062). Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan paket media kartu hidrokarbon memberikan pengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar kimia peserta didik. Kata kunci : quasi eksperimen, paket media kartu hidrokarbon, motivasi belajar, hasil belajar date: 2013-06-18 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MAULIDA TRI OKTAVIANI, NIM. 09670022 (2013) PENGARUH PENGGUNAAN PAKET MEDIA KARTU HIDROKARBON TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER GENAP SMA UII BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8779/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8779/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf