%0 Thesis %9 Skripsi %A LAILI NAILUL FARICH, NIM. 09680029 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2013 %F digilib:8782 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI POKOK PLANTAE KELAS X MA WAHID HASYIM TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8782/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X C MA Wahid Hasyim melalui penerapan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) pada proses pembelajaran; (2) Meningkatkan hasil belajar biologi siswa melalui penerapan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) pada proses pembelajaran. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Taggart. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X semester II MA Wahid Hasyim tahun pelajaran 2012/2013. Data yang dikumpulkan berupa data keaktifan belajar siswa dan nilai pre-test dan post-test siklus I dan II. Data keaktifan belajar siswa diambil dengan cara observasi dan dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentase masing-masing aspek dalam keaktifan belajar. Data hasil belajar kognitif diambil dengan pre-test dan post-test siklus I dan siklus II dan ditabulasikan dalam bentuk rata-rata kelas. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa dapat diketahui dari selisih antara nilai rerata post-test siklus II dengan nilai rerata post-test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X semester II MA Wahid Hasyim tahun pelajaran 2012/2013. Peningkatan keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari masing-masing aspek keaktifan yang meliputi aspek keaktifan emosional activities meningkat sebesar 13,33%, listening activities meningkat sebesar 1,34%, oral activities meningkat sebesar 16,00%, motor activities meningkat sebesar 1,33%, mental activities meningkat sebesar 1,34%, visual activities meningkat sebesar 16,00%, dan yang terakhir aspek writing activities meningkat sebesar 14,67% . Peningkatan hasil belajar kognitif siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai post-test dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 0,92 dengan nilai effect size 0,7. Kata-kata kunci : Auditory Intellectualy Repetition, keaktifan, hasil belajar, MA Wahid Hasyim.