TY - THES ID - digilib8787 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8787/ A1 - DWI NUR SYAMSIYATI, NIM. 09670018 Y1 - 2013/06/12/ N2 - Penelitian pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui karakteristik proses dan produk, serta mengetahui kelayakan buku permainan edukatif sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik SMA/MA kelas X. Penelitian didasarkan pada penilaian empat guru kimia dan direspon sepuluh peserta didik SMA/MA kelas X. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Model ini menggunakan lima tahapan yaitu Analysis ( analisa ) , Design ( desain/perancangan) , Development ( pengembangan) , Implementation ( Implementasi/eksekusi ) , dan Evaluation ( evaluasi/umpan balik) namun implementasi dan evaluasi tidak dilaksanakan dalam penelitian ini. Produk buku permainan edukatif ini divalidasi oleh dosen pembimbing, ahli media dan ahli materi, serta tiga orang peer reviewer. Penilaian produk dilakukan oleh reviewer yaitu 4 guru kimia SMA/MA serta direspon oleh 10 peserta didik SMA/MA di Kota Yogyakarta. Instrumen yang digunakan berupa angket daftar cek ( check list ) . Data yang diperoleh berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis untuk menentukan kualitas buku permainan edukatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku permainan edukatif yang dikembangkan menurut empat guru kimia SMA/MA di Yogyakarta memiliki kualitas Sangat Baik ( SB ) dengan persentase keidealan sebesar 85,5%, sedangkan respon sepuluh peserta didik SMA/MA memiliki kualitas Sangat Baik ( SB ) dengan persentase keidealan sebesar 93,7%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa buku permainan edukatif ini layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik SMA/MA kelas X semester 1. Kata Kunci: Buku Permainan Edukatif, Penelitian Pengembangan, Sumber Belajar Mandiri. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN BUKU KUMPULAN PERMAINAN EDUKATIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X SEMESTER 1 AV - restricted ER -