%A NIM. 08690069 DIAH NUR HIDAYATI %T PENGEMBANGAN LKS IPA TERPADU BERBASIS POTENSI LOKAL UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kualitas LKS IPA Terpadu Berbasis Potensi Lokal untuk Siswa SMP/MTs kelas VIII, (2) mengetahui respon siswa terhadap LKS IPA Terpadu Berbasis Potensi Lokal yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan model prosedural yang mengadaptasi dari pengembangan perangkat model 4-D yaitu Define, Design, Develop, and Disseminate. Pengumpulan data menggunakan angket yang sudah divalidasi oleh ahli instrumen. Instrumen pengumpulan data dalam pengembangan ini berupa lembar penilaian kualitas LKS yaitu menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk cheklist. Instrumen penelitian ini berupa lembar check list yang telah divalidasi secara logis berisi tentang kualitas LKS yang mengacu pada syarat didaktik, konstruksi, dan teknis. Sedangkan untuk mendapatkan data mengenai respon siswa terhadap LKS yang telah dikembangkan, menggunakan lembar respon siswa berupa skala Guttman. LKS dinilai kualitasnya oleh 3 orang ahli materi, 3 orang ahli media, dan 3 orang Guru IPA SMP/MTs. Respon siswa pada uji coba terbatas (10 siswa) dan uji coba lapangan (30 siswa). Hasil penelitian berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru IPA SMP/MTs memiliki kategori sangat baik (SB). Persentase keidealan menurut ahli materi adalah 79,54 %, persentase keidealan menurut ahli media adalah 75,92 %, dan persentase keidealan menurut guru IPA SMP/MTs adalah 86,67%. Respon siswa terhadap LKS IPA Terpadu Berbasis Potensi Lokal pada uji coba terbatas diperoleh persentase 75 %, sedangkan pada uji coba lapangan diperoleh persentase 90,60 %. KATA KUNCI: LKS , IPA Terpadu, Potensi Lokal %D 2013 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib8789