@phdthesis{digilib8804, month = {June}, title = {PENGEMBANGAN INSTRUMEN PERFORMANCE TASK ASSESSMENT SUB LAB REPORT SEBAGAI ALAT EVALUASI PROSES SAINS UNTUK SMA/MA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08690075 AFTINA NURUL FAJRIYATI}, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8804/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan instrumen performance task assessment sub lab report yang digunakan sebagai instrumen penilaian pada pembelajaran fisika 2) Mengetahui kualitas performance task assessment sub lab report yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development/R\&D) model prosedural deskriptif yang menunjukkan langkahlangkah yang harus diikuti yaitu model 4D yang meliputi 4 langkah yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian dibatasi pada tahap develop. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian (Skala Likert) yang sudah divalidasi oleh ahli instrumen. Kualitas instrumen berdasarkan penilaian 3 ahli dan penilaian 6 guru fisika SMA/MA pada uji terbatas dan 15 guru pada uji luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) telah dihasilkan instrumen performance task assessment sub lab report pada pembelajaran fisika SMA/MA kelas XI semester ganjil pada pokok bahasan elastisitas dan gerak harmonik yang terdiri dari 11 aspek penilaian yang valid, 2) berdasarkan penilaian ahli, instrumen performance task assessment sub lab report yang dikembangkan memiliki kualitas sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 78,04\% dan sangat baik (SB) berdasarkan penilaian guru fisika SMA/MA dengan persentase keidealan 79,17\% pada uji coba terbatas dan 86,19\% pada uji coba luas. Kata kunci: performance task assessment, lab report} }