<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)\r\nMATEMATIKA KELAS VIII \r\nBERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI\r\nBRUNER PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 \r\n"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan Subject \r\nSpecific Pedagogy (SSP) Matematika Kelas VIII berbasis tahap berpikir van Hiele\r\ndan teori Bruner pada kompetensi dasar 4.3 yang layak digunakan dalam proses\r\npembelajaran matematika. \r\nPenelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and\r\nDevelopment) dengan menggunakan model prosedural ADDIE yang terdiri dari\r\nlima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation.\r\nPengumpulan data menggunakan lembar skala, lembar tes, dan lembar observasi. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan SSP\r\nMatematika Kelas VIII berbasis tahap berpikir van Hiele dan teori Bruner dengan\r\nlima tahap pengembangan yaitu tahap analisis (analysis) yang meliputi analisis\r\nkurikulum, karakteristik siswa, dan kebutuhan guru, kemudian dilanjutkan dengan\r\ntahap perancangan (design) yang terdiri dari pengumpulan dan penyusunan\r\nmateri, penyusunan kerangka/desain dan penyusunan instrumen penelitian. Tahap\r\nberikutnya adalah pengembangan (development) yaitu pengembangan komponen\r\nSSP, penyuntingan produk awal SSP, revisi I, uji coba I, serta revisi II. Pada tahap\r\nimplementasi (implementation) dilakukan uji coba II dengan mengujikan produk\r\nSSP yang telah valid dalam proses pembelajaran di kelas, memberikan pre-test\r\ndan post-test, serta memberikan skala respon guru dan siswa terhadap SSP. Tahap\r\nevaluasi (evaluation) merupakan tahap terakhir yaitu tahap analisis hasil penilaian\r\nkualitas SSP oleh ahli dan guru, pre-test dan post-test serta skala respon guru dan\r\nsiswa untuk keperluan pengambilan keputusan. Berdasarkan hasil analisis pada\r\ntahap evaluasi diperoleh bahwa SSP berkualitas sangat baik dengan skor rata-rata\r\n211,33 dari skor maksimal 260 dengan persentase 81,28% dan telah teruji efektif\r\ndalam meningkatkan pemahaman siswa yang ditunjukkan dari nilai rata-rata posttest\r\n\r\n(57,88) yang lebih besar dari nilai rata-rata pre-test (19,11) serta kinerja SSP\r\nmencapai kriteria baik dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar\r\n62,5%. Respon yang diberikan guru terhadap pembelajaran menggunakan SSP\r\nMatematika adalah sangat positif dengan skor rata-rata 67,5 dari skor maksimal\r\n160 dan persentase mencapai 84,38% dan siswa juga memberikan respon positif \r\nterhadap pelaksanaan pembelajaran dengan SSP Matematika berdasarkan\r\nperolehan skor rata-rata 62,88 dari skor maksimal 1280 dengan persentase\r\n78,59%. \r\n\r\nKata Kunci: Subject Specific Pedagogy (SSP), tahap berpikir van Hiele, teori\r\nBruner, kompetensi dasar 4.3"^^ . "2013-06-21" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09600030"^^ . "ENDAH PRATIWI"^^ . "NIM. 09600030 ENDAH PRATIWI"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)\r\nMATEMATIKA KELAS VIII \r\nBERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI\r\nBRUNER PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 \r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)\r\nMATEMATIKA KELAS VIII \r\nBERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI\r\nBRUNER PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 \r\n (Text)"^^ . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)\r\nMATEMATIKA KELAS VIII \r\nBERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI\r\nBRUNER PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)\r\nMATEMATIKA KELAS VIII \r\nBERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI\r\nBRUNER PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)\r\nMATEMATIKA KELAS VIII \r\nBERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI\r\nBRUNER PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)\r\nMATEMATIKA KELAS VIII \r\nBERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI\r\nBRUNER PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)\r\nMATEMATIKA KELAS VIII \r\nBERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI\r\nBRUNER PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)\r\nMATEMATIKA KELAS VIII \r\nBERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI\r\nBRUNER PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)\r\nMATEMATIKA KELAS VIII \r\nBERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI\r\nBRUNER PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)\r\nMATEMATIKA KELAS VIII \r\nBERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI\r\nBRUNER PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 \r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #8818 \n\nPENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) \nMATEMATIKA KELAS VIII \nBERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI \nBRUNER PADA KOMPETENSI DASAR 4.3 \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Matematika" . .