eprintid: 8819 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/88/19 datestamp: 2013-07-11 10:24:54 lastmod: 2016-03-02 09:46:51 status_changed: 2013-07-11 10:24:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ERDIANA HESTY AGUSTINA , NIM. 08680045 title: IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) BERBASIS E- LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA DI SMP N 3 PURWOREJO ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk a) mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis E-learning, b) mengetahui banyaknya siklus pembelajaran yang dibutuhkan dalam penelitian, serta c) mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Purworejo dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Division (STAD) berbasis E-Learning pada materi sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C yang berjumlah 24 siswa. Data yang dikumpulkan berupa data motivasi belajar siswa yang diperoleh dari lembar angket motivasi belajar siswa dari siklus I dan siklus II didukung dengan data observasi keterlaksanaan pembelajaran IPA Biologi di kelas. Data Hasil belajar siswa diperoleh dari data nilai pre-test dan post-test. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan teknik angket, tes, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa a) model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis E-Learning dapat terlaksana dengan baik di SMP N 3 Purworejo, b) peningkatan motivasi dan hasil belajar dibutuhkan dua siklus dalam penelitian, c) terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA biologi siswa kelas VIII C SMP N 3 Purworejo tahun ajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil angket motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, persentase rata-rata hasil angket motivasi belajar siswa adalah 75,8% dan pada siklus II, persentase rata-rata hasil motivasi belajar siswa adalah 81,68%. Dari data angket keterlaksanaan pembelajaran IPA biologi di kelas mengalami peningkatan yaitu dari 80% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas dari hasil post-test siklus I adalah 81,71. Pada siklus II nilai rata-rata hasil post-test mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu 87,86. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, E-learning, motivasi, hasil belajar. date: 2013-06-27 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ERDIANA HESTY AGUSTINA , NIM. 08680045 (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) BERBASIS E- LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA DI SMP N 3 PURWOREJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8819/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8819/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf