%A NIM. 09670036 HENY INAYATUN NI`MAH %T PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS PENDEKATAN SETS UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X %X Penelitian ini memiliki dua tujuan, pertama untuk menghasilkan buku petunjuk praktikum kimia berbasis pendekatan SETS untuk peserta didik SMA/MA kelas X yang memiliki karakteristik tertentu. Adapun tujuan kedua dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan buku petunjuk praktikum kimia berbasis pendekatan SETS untuk peserta didik SMA/MA kelas X. Pengembangan buku petunjuk praktikum kimia dikembangkan dengan model prosedural. Pengembangan buku petunjuk praktikum kimia ini dibimbing oleh dosen pembimbing serta mendapat masukan dari ahli media, ahli materi, dan peer reviewers. Instrumen penilaian buku petunjuk praktikum kimia berupa skala yang berisi aspek dengan kriteria tertentu. Penilaian dilakukan oleh pendidik kimia dan peserta didik SMA/MA baik negeri maupun swasta di Yogyakarta. Penilaian yang dilakukan meliputi 8 aspek penilaian dengan 20 indikator penilaian untuk pendidik kimia dan 4 aspek penilaian dengan 14 indikator penilaian (respon) untuk peserta didik. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku petunjuk praktikum kimia berbasis pendekatan SETS. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa buku petunjuk praktikum yang telah dikembangkan mempunyai kualitas sangat baik (SB) dengan karakteristik menghubungkan keempat unsur pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) yaitu menghubungkan antara konsep sains yang dipelajari dengan teknologi penerapan konsep tersebut serta pengaruh teknologi terhadap masyarakat dan lingkungan baik kelebihan maupun kekurangannya. Kualitas buku petunjuk praktikum yang telah disusun berdasarkan penilaian 7 pendidik kimia SMA/MA memperoleh skor rata-rata 616 dengan persentase keidealan sebesar 87,86% adapun menurut 10 peserta didik SMA/MA kelas X memperoleh respon positif dengan skor 12,6 dan persentase keidealan sebesar 90% sehingga layak untuk digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran kimia. Kata kunci: penelitian pengembangan, buku petunjuk praktikum, pendekatan SETS %D 2013 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib8825