eprintid: 8831 rev_number: 32 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/88/31 datestamp: 2013-07-11 13:48:57 lastmod: 2016-02-22 06:43:15 status_changed: 2013-07-11 13:48:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SARIYANTI, NIM. 09670004 title: PROSES PEMBELAJARAN KIMIA TERINTEGRASI ISLAM SAINS DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 ispublished: pub subjects: pen_kim divisions: jur_pekim full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perangkat pembelajaran yang disusun oleh guru kimia, mengetahui pelaksanaan dan kendala yang dihadapi dalam pembelajaran kimia terintegrasi Islam. Selain itu, untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran kimia terintegrasi Islam di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta dengan sumber data yang terdiri dari peserta didik, guru kimia, kepala sekolah, dan waka kurikulum. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, pengisian angket, dan analisis dokumentasi. Uji keabsahan data yang dilakukan meliputi uji kredibilitas (triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan member check), uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif meliputi analisis sebelum lapangan dan analisis selama dilapangan (data reduction, data display, dan verification), sedangkan analisis kualitatif menggunakan skala likert. Perangkat perencanaan proses pembelajaran kimia yang berupa silabus dan RPP yang disusun oleh guru kimia di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta belum memuat konsep integrasi Islam secara khusus. Namun guru telah menyampaikan integrasi nilai-nilai keislaman secara induktifikasi. Hal tersebut ditunjukkan dengan pengarahan pemahaman peserta didik kepada satu kesimpulan bahwa penciptaan keteraturan dan keseimbangan di alam semesta ini merupakan kekuasaan Allah SWT. Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran kimia terintegrasi Islam sains adalah belum adanya penulisan integrasi nilai keislaman secara khusus dalam silabus dan RPP sehingga pola penyampaian integrasi belum teratur dan sistematis. Meskipun demikian peserta didik merespon positif pembelajaran kimia yang dipadukan dengan nilai-nilai keislaman. Skala sikap yang ditunjukkan peserta didik tergolong baik. Kata kunci: pembelajaran kimia, integrasi Islam, pembelajaran terintegrasi. date: 2013-06-28 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SARIYANTI, NIM. 09670004 (2013) PROSES PEMBELAJARAN KIMIA TERINTEGRASI ISLAM SAINS DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8831/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8831/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf