%0 Thesis %9 Laporan D3 %A DIAH GILARSI, NIM. 10130017 %B FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA %D 2013 %F digilib:8877 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN MTsN LAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8877/ %X Perpustakaan sekolah sebagai penyedia informasi akan memiliki kinerja yang baik apabila dikelola dengan manajemen yang memadai. Dengan adanya manajemen, maka kegiatan perpustakaan sekolah akan memiliki pedoman untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan dari pembahasan manajemen perpustakaan MTs Negeri Laboratorium UIN Yogyakarta adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan perpustakaan, pembagian tugas kerja di perpustakaan, untuk mengetahui hal – hal dalam rangkaian kegiatan pengorganisasian (organizing) di perpustakaan, untuk mengetahui bagaimana proses pemantauan, penilaian dan pelaporan rencana atas pencapaian tujuan yang telah ditetapkan dan untuk mengetahui hambatan – hambatan yang terjadi selama pengelolaan perpustakaan MTs N Lab UIN Yogyakarta. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Perencanaan perpustakaan yang penulis temui di Perpustakaan MTs N Lab UIN Yogyakarta tidak seperti yang ada dalam teori. Visi dan misi yang ada terlalu panjang dan masih belum dapat dipahami dalam waktu singkat. Tujuan perpustakaan juga belum dirumuskan. Pembagian tugas kerja dalam struktur organisasi di Perpustakaan MTs N Lab UIN Yogyakarta dilakukan sesuai bagian masing – masing mulai dari pelaksanaan tugas setiap hari hingga pembuatan laporan. Untuk pelaksanaan setiap kegiatan juga terdapat SOP. Kepemimpinan yang dilakukan koordinator Perpustakaan MTs N Lab UIN Yogyakarta dalam pengembangan perpustakaan antara lain memberikan motivasi dan semangat kepada staf agar terus meningkatkan kinerja dalam pengembangan perpustakaan. Pengawasan untuk mengontrol kinerja dalam pengelolaan perpustakaan. Pengawasan di perpustakaan MTs N Lab UIN Yogyakarta selain sebagai kontrol kinerja juga untuk meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan kepada pemustaka. Hambatan – hambatan yang dihadapi perpustakaan MTs N Lab UIN Yogyakarta yaitu, minimnya dana operasional untuk perpustakaan, terbatasnya SDM yang berkompeten di bidang perpustakaan, dan rendahnya kepedulian pihak sekolah terdapat pengembangan perpustakaan. Subjek : MANAJEMEN PERPUSTAKAAN Kata Kunci : perpustakaan, perpustakaan sekolah, manajemen.