@phdthesis{digilib8894, month = {June}, title = {QISSHATU S{\^A}?IQUL QITH{\^A}R AL-QASH{\f I}RAH LI NAGUIB MAHFOUZ (DIRASAH TAHL{\f I}LIYYAH HERMENEUTIQIYYAH LI PAUL RICOEUR)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09110079 ISYQIE FIRDAUSAH}, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8894/}, abstract = {Skripsi yang berjudul Cerpen S{\^a}?iqul Qith{\^a}r Karya Naguib Mahfouz dalam Hermeneutik Paul Ricoeur ini mengkaji tentang simbol-simbol yang terdapat dalam cerpen S{\^a}?iqul Qith{\^a}r Karya Naguib Mahfouz dengan menggunakan teori Hermeneutika Paul Ricoeur. Peneliti tertarik untuk mengkaji cerpen ini, karena karya itu memiliki simbol-simbol tertentu yang membutuhkan interpretasi-interpretasi. Simbol-simbol tersebut dapat menunjukkan makna yang ?sesungguhnya? dari sebuah karya sastra. Bertolak dari teori interpretasi yang mencakup metafora dan simbol, pendekatan yang digunakan peniliti untuk menganalisis karya tersebut adalah Hermeneutika Paul Ricoeur. Dalam proses interpretasinya, Paul Ricoeur bertumpu pada proses ?bolak-balik? yang menyelesaikan dikotomis antara subjektivitas dan objektivitas dalam sebuah karya sastra, yaitu dekontekstualisasi dan rekontekstualisasi. Dalam proses dekontekstualisasi (pelepasan diri dari konteks), peneliti menemukan empat kemungkinan lapisan makna, yang merujuk pada empat dunia, yaitu 1) masinis yang gila dalam mimpi seorang penumpang, 2) modernisme membawa pada kehancuran dunia, 3) kepala negara yang ?gila? membinasakan warganya, dan 4) seorang pimpinan yang buruk akan berimbas pada kehancuran semua yang dipimpinnya. Dalam proses rekontekstualisasi (kembali pada konteks), setelah memangkas berbagai kemungkinan makna yang dihasilkan dekontekstualisasi, peneliti menemukan sebuah pesan moral yang menunjukkan makna yang ?sesungguhnya,? yaitu sebuah masalah timbul sebab seseorang kehilangan akal jernihnya untuk dapat berpikir dengan baik. Namun, ini bukanlah akhir dari interpretasi karena interpretasi selalu bersifat ?open-ended.? } }