%0 Thesis %9 Laporan D3 %A ANISA MUTIA RAHMA, NIM. 10130030 %B FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA %D 2013 %F digilib:8897 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8897/ %X Strategi merupakan rencana untuk memperbesar pengaruh terhadap pasar, baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang, yang didasarkan pada riset pasar, penilaian perencanaan produk promosi dan pertencanaan penjualan, serta distribusi ( Depdikbud, 2005:1.092) . Strategi yaitu langkah-langkah yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Promosi pada hakikatnya adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan atau mengingatkan pada sasaran atas produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan ( Tjiptono, 2001: 219) . Promosi perpustakaan adalah informasi yang disampaikan oleh perpustakaan kepada pengguna perpustakaan atau pemustaka agar produk dan jasa perpustakaan dapat diketahui oleh masyarakat dan membujuk masyarakat untuk memanfaatkan perpustakaan secara maksimal. Strategi promosi merupakan suatu cara yang dilakukan oleh perpustakaan untuk menyampaikan informasi dan jasa kepada pengguna perpustakaan agar informasi dan jasa tersebut dapat dimanfaatkan pengguna perpustakaan secara maksimal. Strategi promosi yang dilakukan oleh perpustakaan SMA N 1 Yogyakarta adalah melakukan pendidikan pemakai, pembuatan dan penyebaran brosur, pemasangan spanduk dan banner, display buku, mempublikasikan melalui internet. Kata kunci: strategi, promosi, strategi promosi