%0 Thesis %9 Laporan D3 %A RETIANAPUSPITA HADIANSARI, NIM. 10130063 %B FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA %D 2013 %F digilib:8906 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T MANAJEMEN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8906/ %X Perpustakaan adalah unit pelayanan didalam lembaga yang kehadirannya hanya dapat dibenarkan jika mampu membantu pencapaian pengembangan tujuan-tujuan sekolah yang bersangkutan (Qalyubi,2007:8). Terdapat dua unsur dalam perpustakaan , yaitu buku dan ruangan. Namun yang terpenting dari perpustakaan adalah bagaimana perpustakaan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pengguna, yaitu dengan adanya koleksi yang beragam tentunaya. Untuk itu agar koleksi dapat digunakan perlu adanyaa perencanaan yang matang. Manajemen koleksi merupakan suatu proses pengumpulan informasi, komunikasi, perumusan kebijakan, evaluasi, dan perencanaan. Manajemen koleksi ini mencakup semua kegiatan yang bertujuan untuk memperluas koleksi yang ada di perpustakaan. Sebagai contoh dalam pengolahan koleksi maka diperlukan komponen serta manajemen yang baik agar semua kegiatan dapat terarah dan tercapai sesuai yang dikehendaki. Laporan ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan metode wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh mendapatkan hasil bahwa manajemen koleksi di Perpustakaan SMP Negeri 2 Yogyakarta dilakukan untuk merevisi kebutuhan koleksi yang ada. Dapat dilihat dari proses pengadaan koleksi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan usulan dari guru maupun siswa. Selanjutnya secara keseluruhan kegiatan manajemen koleksi sudah terkonsep dengan baik, namun masih ada beberapa yang masih belum optimal seperti ketidak tersedianya katalog di perpustakaan. Kata kunci: manajemen koleksi, pengadaan koleksi, perpustakaan sekolah