@phdthesis{digilib8931, month = {June}, title = {PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN MADRASAH ALIYAH RADEN FATAH BOKOHARJO PRAMBANAN SLEMAN }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10130093 SISKA WIDAYANTI}, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8931/}, abstract = {Penulisan laporan praktek kerja lapangan ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui pelayanan sirkulasi yang ada di perpustakaan Madrasah Aliyah Raden Fatah Bokoharjo Prambanan Sleman. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat dalam pelayanan sirkulasi di perpustakaan Madrasah Aliyah Raden Fatah Bokoharjo Prambanan Sleman. Setelah kegiatan praktek kerja lapangan yang dilakukan, maka telah diketahui beberapa kesimpulan yaitu : (1) Dalam melayani pemakai perpustakaan Madrasah Aliyah Raden Fatah menerapkan sistem terbuka (open access), yaitu membebaskan pengunjung ke tempat koleksi perpustakaan dijajarkan. Mereka dapat melakukan browsing atau membuka-buka, melihat-lihat buku, mengambil sendiri. Ketika bahan tersebut tidak cocok, mereka dapat memilih bahan lain yang hampir sama atau bahkan berbeda. (2) Kegiatan pelayanan sirkulasi di perpustakaan Madrasah Aliyah Raden Fatah meliputi kegiatan peminjaman bahan pustaka, pengembalian bahan pustaka dan perpanjangan. (3) Perpustakaan Madrasah Aliyah Raden Fatah masih menggunakan layanan konvensional, walaupun otomasi perpustakaan sudah diadakan. (4) Faktor penghambat dalam pelayanan sirkulasi di Perpustakaan Madrasah Aliyah Raden Fatah diantaranya adalah pengguna yang memiliki minat baca yang masih rendah, kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang serta kurangnya tenaga/pustakawan yang mengelola perpustakaan. Untuk memaksimalkan layanan sirkulasi di perpustakaan Madrasah Aliyah Raden Fatah Bokoharjo Prambanan Sleman sebaiknya hal yang perlu dilakukan adalah : (1) Sarana dan prasarana dalam pelayanan sirkulasi di perpustakaan Madrasah Aliyah Raden Fatah sebaiknya ditambah agar pelayanan yang diberikan dapat maksimal. (2) Perlu penambahan tenaga di bidang perpustakaan agar perpustakaan dapat berjalan secara efektif dan efisien. (3) Perlu adanya pembimbingan kepada pemakai perpustakaan agar mereka mau memanfaatkan layanan yang ada di perpustakaan serhingga minat baca mereka meningkat. Kata Kunci : Pelayanan sirkulasi, peminjaman koleksi } }