@phdthesis{digilib899, month = {June}, title = {MANAJEMEN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BAGI SISWA BERBAKAT DI MAN GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { PUJI ASTUTI - NIM. 03470578}, year = {2008}, note = {Pembimbing : Dra. Wiji Hidayati, M.Ag.}, keywords = {Manajemen, pengembangan pendidikan, siswa berbakat}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/899/}, abstract = {Manajemen Pengembangan Pendidikan bagi siswa Berbakat di MAN Gandekan Bantul Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Pendidikan merupakan kunci pembangunan bangsa dalam bersaing sepanjang masa. Oleh karena itu manusia dituntut untuk berkompeten dalam bersaing dengan berbagai pengetahuan yang selalu diasah sehingga semakin tajam dalam mewujudkan keberhasilannya. Anak berbakat adalah asset bangsa yang harus dipertahankan dengan mengembangkan bakat dan kreativitasnya. Mengingat jumlah mereka yang sangat banyak, maka perlu penanganan dan pemanfaatan yang sebaik-baiknya. Anak berbakat kalau tidak diarahkan akan mengalami penurunan prestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen pengembangan pendidikan bagi siswa berbakat di MAN Gandekan Bantul. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dan bahan masukan untuk pengembangan pendidikan khususnya bagi siswa yang berbakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MAN Gandekan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan manajemen pengembangan pendidikan bagi siswa berbakat di MAN Gandekan bantul yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pemotivasian, pengawasan, dan evaluasi. (2) Perencanaan manajemen pengembangan pendidikan bagi siswa berbakat di MAN Gandekan Bantul meliputi perencanaan kesiswaan, perencanaan kurikulum, perencanaan tenaga pengajar, serta perencanaan sarana dan prasarana. (3) Pengorganisasian pembagian tugas guru pembimbing Team Club Mata Pelajaran untuk pengembangan pendidikan bagi siswa berbakat di MAN Gandekan Bantul telah disesuaikan dengan disiplin ilmu yang mereka (guru) peroleh. (4) Pemotivasian yang dilakukan oleh kepala sekolah di MAN Gandekan Bantul di antaranya adalah memberikan reward baik berupa pujian, hadiah kepada guru ataupun siswa yang berprestasi. Serta pembinaan yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali kepada guru maupun siswa. (5) Pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah di MAN Gandekan Bantul berupa pengarahan dan bimbingan sebagai upaya kepala sekolah terhadap guru maupun siswa dengan simpatik yang diberikan demi kelancaran program kerja yang telah direncanakan. (6) Proses penilaian atau evaluasi yang dilakukan MAN Gandekan Bantul terhadap siswa berbakat adalah sebagai upaya untuk mengetahui sejauh mana program-program sekolah yang telah direncanakan. Di samping itu evaluasi program tersebut juga untuk mengetahui input, proses, dan output yang ada di } }