TY - JOUR ID - digilib8996 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8996/ A1 - NURDIN LAUGU, - Y1 - 2006/01/01/ N2 - Perpustakaan merupakan institusi yanag bertanggung-jawab terhadap penyebaran informasi dalam berbagai bentuknya, dari yang manual sampai kepada yang digital, misalnya buku-buku, CD, kaset, dan sebagainya. untuk dapat melakukan semua hal tersebut, maka perpustakaan perlu menggunakan suatu manajemen yang representatif atau kontekstual terhadap proses perkembangan dunia informasi yang kini telah mengalami kemajuan dan perubahan yang sangat cepat. berangkat dari fenomena tersebut, maka maka tulisisan ini mencoba menganalisis bagaimana konsep-konsep manajemen dapat diterapkan dalam sistem organisasi perpustakaan sehingga dapat memainkan peran signifikan dalam dunia informasi. Penulis pertama-tama, membahas secara singkat tentang perkembangan teori-teori manajeman yang meliputi mazhab-mazhab manajemen yaitu mazhab ilmiah, mazhab hubungan manusia, dan mazhab hubungan teori keputusan. Disamping itu, level-level menajerial dalam sistem organisasi perpustakaan juga dipaparkan untuk melihat bagaimana implementasinya dalam dunia perpustakaan. pembahasan terakhir, difokuskan pada lima pilar uatama manajemen yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, SDM/pengelolaan staf, pengarahan dan pengawasan. Kelima pilar ini dikupas dalam kaitanya dengan sistem organisasi perpustakaan sehingga memberikan gambaran yang jelas tentang penguatan pengelolaan perpustakaan dengan penggunaan lima pilar atau fungsi utama manajemen tersebut. JF - Fihris folume I nomer I(januari-juni 2006) KW - manajemen KW - mazhab-mazhab manajemen KW - manajemen perpustakaan TI - PENERAPAN KONSEP-KONSEP MANAJEMEN DALAM SISTEM ORGANISASI PERPUSTAKAAN AV - public ER -